Find Us On Social Media :

Turki yang 'Tidak Bertobat' Terus Mengancam, Perang Yom Kippur tahun 1973 Memegang Kunci Untuk Memecahkan Konflik Armenia-Azerbaijan

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 7 Oktober 2020 | 08:31 WIB

Armenia dan Azerbaijan kerahkan artileri berat di pertempuran terbaru

Intisari-Online.com - Pecahnya perang antara Azerbaijan dan Armenia tampaknya merupakan hasil dari langkah militer terkoordinasi oleh Azerbaijan dan Turki.

Didorong oleh serangkaian motif politik domestik yang kompleks dan sejarah panjang, konflik tersebut sekarang lebih mirip dengan Perang Yom Kippur Arab-Israel tahun 1973.

Sebagai produk suksesi turun-temurun pasca-Soviet di salah satu masyarakat paling tertutup di Eurasia, presiden otokratis Azerbaijan Ilham Aliyev telah berjuang untuk mengkonsolidasikan legitimasi dalam lingkungan otoriter yang sama bengis dan kejamnya dengan Mesir atau Suriah pada 1960-an dan 1970-an.

Ekonomi boom-and-bust di mana minyak dan gas menyumbang lebih dari 90 persen ekspor telah berhenti berkembang.

Baca Juga: Kadar Asam Urat Anda Tinggi? Ingat, Sayuran Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bila Tidak Ingin Bertambah Parah, Simak Faktanya Ini

Perebutan kekuasaan antara klan penguasa di Baku telah meningkattahun ini, begitu pula tindakan keras terhadap jurnalis, organisasi sipil, aktivis antikorupsi, dan kelompok oposisi, yang banyak di antaranya dicap oleh Aliyev sebagai "lebih buruk daripada orang Armenia."

Pada 1973, Presiden Mesir Anwar Sadat berharap bahwa keberhasilan yang terbatas di medan perang akan mengubah status quo, memperbaiki penghinaan atas kekalahan dalam perang Arab-Israel sebelumnya, dan memperkuat posisinya dalam bernegosiasi dengan Israel.

Aliyev dari Azerbaijan terkadang mengutarakan motif serupa dalam mendesak perang.

Keluhan yang didasarkan pada penghinaan atas kekalahan militer sebelumnya kepada orang-orang Armenia ditampilkan secara menonjol dalam propaganda negara.

Baca Juga: Wah, Wah, Tiba-tiba Mantan Bos BTN Maryono Diperiksa Kejagung, Ada Apa Gerangan?