Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 6 Oktober 2020: Masker Tidak Mempengaruhi Paru-paru, dan Simak Panduan Baru CDC Virus Corona Bisa Bertahan dan Menyebar di Udara

By Maymunah Nasution, Selasa, 6 Oktober 2020 | 21:39 WIB

Ilustrasi virus corona

Intisari-online.com - Melansir Reuters, berikut ringkasan beberapa studi ilmiah terbaru tentang novel virus corona dan upaya menemukan pengobatan dan vaksin untuk Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.

- Bernapas dengan masker tidak memengaruhi paru-paru

Mengutip Reuters, para peneliti mengatakan, penggunaan masker mungkin tidak nyaman tetapi tidak membatasi aliran oksigen ke paru-paru, bahkan pada orang dengan penyakit paru-paru yang parah.

Mereka menguji efek memakai masker bedah pada pertukaran gas.

Baca Juga: Pakai Masker Saja Tidak Cukup, Begini Pencegahan Covid-19 yang Harus Dilakukan Sepanjang Waktu

Itu adalah proses di mana tubuh menambahkan oksigen ke darah sambil mengeluarkan karbon dioksida.

Pengujian itu dilakukan terhadap 15 dokter sehat dan 15 veteran militer dengan paru-paru yang rusak parah melalui jalan cepat enam menit di atas permukaan datar dan keras.

Kemudian, kadar oksigen dan karbon dioksida dalam darah diukur sebelum dan sesudah tes jalan kaki.

Hasilnya, baik dokter yang sehat maupun pasien dengan penyakit paru-paru tidak menunjukkan perubahan besar dalam pengukuran pertukaran gas setelah tes berjalan hingga 30 menit kemudian.

Baca Juga: ‘Wah Nggak Sempat Cuci Muka’, Suka Duka Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19, Kisah Mahasiswa yang Panik Saat Kuliah Online Sambil Maskeran Lalu Diminta Nyalakan Kamera