Find Us On Social Media :

Pakai Masker Saja Tidak Cukup, Begini Pencegahan Covid-19 yang Harus Dilakukan Sepanjang Waktu

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 6 Oktober 2020 | 17:00 WIB

Selalu gunakan masker saat bekerja.

Intisari-Online.com – Meski sudah setengah tahun lebih wabah pandemi virus corona melanda tanah air kita, namun hingga kini belum tampak tanda-tanda akan berakhir.

Justru angka kasus positif malahan terus mengalami peningkatan.

Masalah tersebut perlu mendapat perhatian semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

Ketua Tim Protokol dari Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Eka Ginanjar mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan gerakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: ‘Wah Nggak Sempat Cuci Muka’, Suka Duka Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19, Kisah Mahasiswa yang Panik Saat Kuliah Online Sambil Maskeran Lalu Diminta Nyalakan Kamera

"Langkah 3M harus dilaksanakan," kata Eka melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (4/10/2020).

Dia menekankan, 3M harus dipraktikkan secara masif oleh semua orang agar penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan sehingga jumlah korban dan potensi kerugian di berbagai sektor dapat ditekan.

Selain itu, penerapan 3M secara utuh juga dapat meminimalkan penyebaran virus, terutama bagi orang yang tidak menunjukkan gejala.

Dengan memakai masker, misalnya, partikel virus yang tersebar akan semakin sedikit sehingga potensi penularannya pun berkurang.

Baca Juga: Gara-gara Diberi Obat Khusus untuk Pasien Covid-19 dalam Kondisi Berat Ini, Kondisi Paru-paru Donald Trump Dirumorkan dalam Kondisi Mengerikan Ini