Find Us On Social Media :

Lupakan F-22 atau F-35: Apakah China Kini Diam-diam Tengah Membangun Pesawat Tempur Generasi ke-6?

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 30 September 2020 | 10:04 WIB

Lupakan F-22 atau F-35: Apakah China Membangun Pesawat Tempur Generasi ke-6?

Intisari-Online.com - Sementara Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China mengoperasikan Chengdu J-20 , pesawat siluman generasi kelima operasional ketiga di dunia setelah F-22 Raptor buatan Amerika Serikat dan F-35 Lightning II Joint Strike Fighter, pesawat itu dibangun sekitar lima puluh atau lebih pesawat pada tahun lalu.

Beberapa detail yang diketahui tentang kecepatan, kinerja siluman atau kemampuan manuvernya dan tidak jelas apakah J-20 adalah saingan sebenarnya dari F-22 atau F-35.

Untuk alasan terakhir itu, China dilaporkan berada di antara negara-negara yang melompati generasi kelima dan sekarang sedang berusaha mengembangkan pesawat generasi keenam.

Sampai saat ini hanya sedikit yang diketahui tentang pesawat tempur masa depan ini, tetapi laporan menunjukkan bahwa China berencana untuk meluncurkannya pada jangka waktu 2025 hingga 2030.

Baca Juga: Sudah Siapkan yang Terburuk, Rupanya Warga Taiwan Siap Siaga Jika Perang dengan China Meletus, Ini Persiapan Mereka

Itu akan sangat ambisius.

The Tempest Program yang dipimpin Inggris  yang diumumkan oleh Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson di Juli 2018 di Farnborough Airshow sebagai bagian dari Tempur bangsa Strategi Air, tidak akan memberikan sebuah jet tempur sampai setidaknya 2035 sementara beberapa laporan menyarankan itu bisa menjadi baik memasuki tahun 2040-an sebelum pesawat digunakan secara luas.

Kontraktor pertahanan utama BAE System memimpin pengembangan bersama Royal Air Force, dengan mesin kontribusi Rolls Royce, perusahaan Eropa MBDA mengintegrasikan senjata, dan perusahaan Italia Leonardo mengembangkan sensor dan avionik.

Mungkin untuk mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk program tersebut, Inggris bahkan mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk membagi setengah pesanan untuk F-35 sehingga uang dapat digunakan untuk Tempest.

Baca Juga: Jet Tempur China Lebih dari 40 Kali Terbang di Langit Taipei, Warga Taiwan Cemas Bukan Main, Langsung Lakukan Persiapan Ini Jika Perang dengan China Meletus, Bisa Warga Indonesia Contoh Loh