Find Us On Social Media :

Terimakasih Kepada Israel? Temui Kecanggihan Jet Tempur J-10 'Vigorous Dragon,' F-16 Milik China: Desain Domestik Pertama Tiongkok yang Setara Barat

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 24 September 2020 | 10:37 WIB

F-16 milik China

Intisari-Online.com - J-10 "Vigorous Dragon" adalah andalan dari upaya China untuk memodernisasi armada besar jet tempur bermesin tunggal, dengan 350 unit sudah dalam pelayanan pada 2019 lalu.

Pesawat tempur taktis lincah yang mirip dengan F-16 Fighting Falcon ini adalah desain domestik Tiongkok pertama yang kira-kira setara dengan jet tempur generasi keempat Barat dan Rusia.

Namun, ada banyak bukti bahwa pengembangan J-10 banyak diinformasikan oleh jet tempur yang dikembangkan oleh Israel dengan mesin AS pada 1980-an.

Israel pertama kali memproduksi jetnya sendiri setelah pesanan Dassault Mirage Vs Prancis diembargo pada tahun 1967.

Baca Juga: Ladang Minyak yang Jadi Pabrik Uang Timor Leste Sejak Merdeka dari Indonesia Diperkirakan Akan Kering Tahun 2022, Jika Tak Ada Gantinya Diprediksi Timor Leste Akan Bangkrut!

Agen Israel memperoleh skema Mirage V (dan kemungkinan besar komponen manufaktur dan bahkan badan pesawat), memungkinkan Israel Aerospace Industries untuk menghasilkan dua klon domestik: Nesher dan Kffir.

Keduanya disajikan dengan IAF dan diekspor secara luas.

Antara 1969–1979, IAF menerima pesawat tempur F-4 Phantom bermesin ganda dan F-15 Eagles dari Amerika Serikat.

Namun, mereka masih menginginkan pesawat tempur taktis bermesin tunggal yang lebih murah untuk menggantikan jet A-4 Skyhawk dan Nesher yang semakin rentan.

Baca Juga: Sadar Militernya Kalah Jauh dari China, Filipina Akan Minta Bantuan Amerika Jika Negeri Panda Berani Menyerang, 'Kami Tidak Punya Pilihan Selain Bersekutu dengan AS'