Find Us On Social Media :

Viral Vanuatu Sentil Indonesia Soal HAM di Papua, Tak Disangka Negara Itu Ternyata Masuk 4 Negara yang Berpotensi Lenyap, Hal Ini Penyebabnya

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 29 September 2020 | 15:07 WIB

Diplomat perwakilan Indonesia, Silvany Austin Pasaribu saat memberikan hak jawab untuk tuduhan Vanuatu tentang pelanggaran HAM di Papua.

Intisari-Online.com - Salah satu negara Pasifik, Vanuatu, mengungkit masalah hak asasi manusia (HAM) di Papua dalam Sidang Umum PBB yang digelar pada Sabtu (26/9/2020).

Tudingan Vanuatu tersebut lantas direspons perwakilan Indnesia.

Saat itu, diplomat muda Indonesia, Silvany Austin Pasaribu, menyampaikan hak jawab terkait persoalan tersebut.

"Sangat memalukan bahwa satu negara ini terus-menerus memiliki obsesi yang berlebihan dan tidak sehat tentang bagaimana seharusnya Indonesia bertindak atau menjalankan pemerintahannya sendiri," ujar Silvany pada awal pidatonya, yang dilansir dari YouTube PBB pada Sabtu (26/9/2020).

Baca Juga: Situasi Perang Armenia vs Azerbaijan Makin Berbahaya, Turki Siap Campur Tangan Bantu Azerbaijan, Armenia Justru Siap Luncurkan Rudal Balistik dari Rusia

"Terus terang saya bingung bagaimana bisa suatu negara mencoba untuk mengajar negara lain, sementara kehilangan inti dari seluruh prinsip dasar Piagam PBB," kata dia.

Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman sebelumnya telah mengungkit isu pelanggaran HAM Papua dalam Sidang Umum PBB.

Silvany mengatakan bahwa tuduhan Pemerintah Vanuatu sudah tidak menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah negara Indonesia.

Terlepas dari itu, tahukah Anda bahwa Vanuatu menjadi satu negara yang terancam akan lenyap karena perubahan iklim?

Baca Juga: Situasi Perang Armenia vs Azerbaijan Makin Berbahaya, Turki Siap Campur Tangan Bantu Azerbaijan, Armenia Justru Siap Luncurkan Rudal Balistik dari Rusia