Find Us On Social Media :

Antisipasi Keadaan Tidak Terduga, BMKG Rilis Panduan Langkah Evakuasi Darurat Peringatan Dini Tsunami di Tengah Pandemi Covid-19

By Maymunah Nasution, Jumat, 25 September 2020 | 13:32 WIB

Sebuah penelitian menunjukkan potensi tsunami di Selatan Jawa

Intisari-online.com - Di tengah pandemi Covid-19, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis panduan evakuasi gempa dan tsunami.

Panduan ini rupanya dikeluarkan agar tidak memperburuk kondisi krisis Covid-19 jika terjadi bencana seperti gempa bumi, tsunami, banjir, gunung meletus, dan lainnya.

Pengeluaran panduan ini memiliki alasan yang logis.

Bencana alam akan membuat orang-orang cenderung berdekatan dan berdesakan karena tempat terbatas seperti tempat evakuasi.

Baca Juga: Dikecam Negara Tetangga Bahkan Rakyat Sendiri, Bahrain Mengklaim Kesepakatan Normalisasi dengan Israel Dilakukan Demi Hal Besar Ini

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam mengevakuasi di tengah pandemi Covid-19 yang mewajibkan setiap orang menjaga jarak.

Keaadaan berdesakan di tempat evakuasi dapat membuat tempat tersebut menjadi pusat infeksi virus corona.

Sementara itu, mayoritas tsunami yang terjadi di Indonesia merupakan tsunami lokal yang disebabkan gempa bumi tektonik.

Melansir situs resmi BMKG, jika goncangan gempa terasa kuat atau gempa berayun lemah dalam waktu lama, masyarakat diimbau untuk segera melakukan evaluasi mandiri tanpa menunggu peringatan dini tsunami atau perintah evakuasi dari pihak berwenang.

Baca Juga: Cukup Pakai Bumbu Dapur Ini, Dapatkan Kulit Wajah yang Kenyal dan Glowing, Begini Cara Pakainya