Find Us On Social Media :

Situasi Dunia Memanas: Hubungan AS dan China Memburuk, Mungkin Pencegah Perang Dingin Baru Hanyalah Peristiwa Bersejarah di Bandung Tahun 1955 yang Digagas Presiden Soekarno Ini

By Maymunah Nasution, Sabtu, 19 September 2020 | 08:15 WIB

Ilustrasi perang dagang

Intisari-online.com - Situasi Asia saat ini sedang berada di ujung tanduk.

Selain ancaman nyata ketegangan antara Beijing dan Washington, ada lagi ancaman yang dapat meluaskan ketegangan tersebut yang libatkan New Delhi.

Ketegangan ini bisa ciptakan perang dingin baru, karena sejak Juni lalu di tengah pandemi Covid-19, pejabat senior di Washington telah mengeluarkan rangkaian serangan retois kepada Partai Komunis China.

Penasihat keamanan nasional Robert O'Brien, direktur FBI Christopher Wray, pengacara umum William Barr dan Menlu AS Mike Pompeo telah disebut "empat penunggang kuda" yang ditugaskan oleh Presiden AS Donald Trump untuk menjatuhkan Partai Komunis.

Baca Juga: Begini Rupanya Rahasia Restoran Masak Bayam Agar Tidak Cepat Menghitam, Cuma Butuh Tiga Langkah Saja, Mau Coba?

Pidato Pompeo pada 23 Juli di Perpustakaan Presiden Richard Nixon, yang meminta "persekutuan demokrasi" baru untuk mengkonfrontasi Partai Komunis, secara simbolis telah melanggar pidato "Tirai Besi" milik mantan perdana menteri Inggris Winston Churchill yang telah dilakukan lebih dari 70 tahun lalu.

Pidato itu juga tunjukkan perang dingin baru dengan China.

Sedangkan dalam peringatan Hari Buruh, Trump tingkatkan prospek memisahkan ekonomi AS dari China.

Trump juga mengklaim "kita akan membuat AS menjadi adidaya manufaktur di dunia dan akhiri ketergantungan kita dengan China sekali untuk selamanya."

Baca Juga: Saking Ketakutan dengan Pengaruh Korea Selatan, Kim Jong Un Kembalikan Masker yang Dicurigai Dibuat di Korsel pada China