Find Us On Social Media :

Asia Akan Hadapi Resesi Pertama Kalinya Dalam 60 Tahun, 160 Juta Orang di Asia Akan Masuk Jurang Kemiskinan, Mengerikan!

By Maymunah Nasution, Rabu, 16 September 2020 | 16:33 WIB

Kemiskinan Bertambah 1,63 Juta Penduduk

Intisari-online.com - Bank Pembangunan Asia (ADB) mengatakan, pandemi Covid-19 telah menjerumuskan ekonomi berkembang di kawasan Asia ke dalam resesi.

Melansir BBC, ini merupakan pertama kalinya dalam enam dekade "Asia berkembang" -sebutan yang mencakup 45 negara- mengalami kemerosotan regional.

Prediksi ADB, ekonomi negara berkembang Asia akan menyusut 0,7% pada 2020.

Akan tetapi, kawasan regional diperkirakan akan pulih dengan kuat pada 2021, dengan mencatatkan pertumbuhan 6,8% tahun depan.

Baca Juga: Sebut Covid-19 Buatan Manusia, Ilmuwan China yang Melarikan Diri ke Amerika Ungkap 'Bukti' Virus Corona Diciptakan di Laboratorium Wuhan Dikendalikan Pemerintah China

Pembaruan Prospek Pembangunan Asia yang dirilis ADB menunjukkan, sekitar tiga perempat dari ekonomi kawasan diperkirakan merosot tahun ini.

Ini merevisi proyeksi sebelumnya dari pertumbuhan 0,1% dalam produk domestik bruto (PDB) kawasan itu untuk tahun 2020.

"Sebagian besar ekonomi di kawasan Asia dan Pasifik dapat memperkirakan jalur pertumbuhan yang sulit untuk sisa tahun 2020," kata kepala ekonom ADB Yasuyuki Sawada dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip BBC.

Penilaian ADB ini sejalan dengan prediksi Dana Moneter Internasional (IMF) pada awal tahun ini.

Baca Juga: Remaja Ini Ngotot Pergi dari London dan Bergabung dengan Tentara Israel, Namun Kemudian Sadar Ada yang Salah: 'Saya Berjalan-jalan dengan Sepatu Bot Militer di Masjid Mereka'