Penulis
Intisari-Online.com-Malaysia Airlines MH370 jatuh pada 8 Maret 2014 dengan membawa 239 orang.
Kebanyakan penumpang adalah warga China, dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing.
Dalam pencarian seluas 120.000 kilometer persegi di Samudra Hindia, terbesar dalam sejarah penerbangan, tidak ada tanda-tanda pesawat itu.
Pencarian yang dipimpin Australia itu ditangguhkan pada 2017.
Sebuah firma eksplorasi AS kemudian mencoba melakukan ekspedisi pada 2018.
Namun setelah melakukan penjelajahan selama beberapa bulan, firma bernama Ocean Infinity itu juga tidak menemukan Malaysia Airlines MH370.
Namun, sama misteriusnya denganMalaysia Airlines MH370, sebuah pesawat angkut militer Amerika menghilang secara misterius di wilayah udara Kanada 70 tahun lalu dan penyebabnya tidak diketahui.
Dilansir dari 24h.com.vn, Rabu (2/9/2020), pada sore hari tanggal 26 Januari 1950, Douglas C-54 Skymaster yang membawa 44 awak dan penumpang lepas landas dari Anchorage, Alaska menuju Montana.
Sekitar 2 jam kemudian, pesawat melewati wilayah Yukon di Kanada dan kru mengeluarkan pengumuman check-in, yang juga terakhir kali suara mereka terdengar sebelum pesawat menghilang.
The Guardian mengutip direktur Asosiasi Pencarian dan Penyelamatan Penerbangan Sipil Yukon, David Downing, yang mengatakan:
"Semuanya terjadi dengan sangat cepat."
"Bukannya mereka mengalami masalah mesin dan perlahan-lahan menurunkan ketinggian untuk berbalik."
"Jika itu masalahnya, mereka akan berkata."
Operasi pencarian besar-besaran diluncurkan oleh Angkatan Udara Kanada dan pasukan lainnya tetapi tetap tidak menemukan pesawat yang rusak itu.
Sutradara film dokumenter tentang Douglas C-54 Skymaster yang hilang, Andrew Gregg, mengakui bahwa ini adalah misteri terbesar yang belum terpecahkan dalam sejarah Kanada.
Pekerjaan sutradara - "Skymaster Down" - adalah tentang sekelompok sukarelawan yang berdedikasi di wilayah Yukon.
Mereka terus mencari pesawat sementara keluarga Amerika berharap bisa mengungkap apa yang terjadi pada orang yang mereka cintai.
Selama operasi pencarian, hampir 7.000 tentara yang ikut serta dalam latihan militer pada waktu itu mendukung lebih dari 80 pesawat militer di angkasa, tetapi semuanya putus asa.
Perlu disebutkan bahwa 3 pesawat yang berpartisipasi dalam kampanye tersebut jatuh selama misi tersebut.
Beruntung kru selamat.
Angkatan Udara Kanada bahkan mengirim 10 B-29 terbang 32 km dari area pencarian untuk mengatur ulang jalur penerbangan Douglas C-54 Skymaster, mencari sinyal radio.
"Mereka melakukan semua yang mereka ketahui saat itu."
"Mereka hanya tidak tahu bagaimana melanjutkannya," kata Bob Cameron, sejarawan penerbangan.
Pencarian skala besar berlanjut hingga 14 Februari 1950 ketika Angkatan Udara AS kehilangan pesawat kelimanya dalam waktu tiga minggu.
Itu adalah pembom B-36 yang membawa bom nuklir yang tidak aktif.
Setelah itu, kampanye pencarian berakhir.
Penyelidik amatir telah lama berhipotesis bahwa pesawat itu mungkin mencoba mendarat di danau beku dan menembus es.
Tapi tidak ada bahan bakar atau puing yang ditemukan.
Bahkan danau terbesar di jalur penerbangan Douglas C-54 Skymaster dipindai dengan gelombang ultrasonik tetapi tidak berhasil.
Gregg berspekulasi pesawat mungkin telah dibelokkan dan jatuh ke jajaran tertinggi Saint Elias di Amerika Utara, di mana ia terkubur jauh di dalam es dan salju.
70 tahun telah berlalu, misteri ini masih belum terpecahkan.
(*)
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari