Find Us On Social Media :

Sengaja Bikin Kondisi Makin Runyam, China Sebarkan Video Latihan Perang di Perbatasan China-India dengan Peralatan Tempur Canggih

By Tatik Ariyani, Rabu, 19 Agustus 2020 | 10:03 WIB

Latihan tembak-menembak terbaru PLA berlangsung di ketinggian 4.600 meter di lokasi yang dirahasiakan di Himalaya

Intisari-Online.com - Di tengah konflik China-India atas perbatasan kedua negara yang tak kunjung menemukan jalan keluar, Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan kunjungan langka ke Tibet pada hari Jumat.

Rangkaian kunjungan itu termasuk perjalanan ke perbatasan yang disengketakan dengan India.

Meskipun pernyataan singkat yang dikeluarkan oleh kementerian luar negeri pada hari Sabtu tidak menyebutkan India, perjalanan perbatasan Wang digambarkan oleh pengamat China sebagai isyarat yang tidak biasa dan simbolis.

Wang, yang merupakan perwakilan khusus China dalam pembicaraan perbatasan dengan India, mengatakan keamanan dan stabilitas Tibet sangat penting bagi pembangunan China secara keseluruhan, menurut pernyataan kementerian luar negeri.

Baca Juga: Ngakunya 0 Kasus Covid-19, Kini Sejumlah Negara Barat Tarik Semua Diplomat dari Negara Pimpinan Diktator Kim Jong-un Korea Utara, Ada Apa?

Ia juga mendesak para diplomat untuk bekerja dengan pejabat lokal untuk melindungi keamanan nasional dalam menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia pasca-virus corona.

Gu Su, seorang ilmuwan politik di Universitas Nanjing, mengatakan jarang sekali seorang menteri luar negeri China mengunjungi Tibet, dan kunjungan ini biasanya terjadi ketika wilayah itu menjadi terkenal secara nasional atau internasional.

Wang terakhir kali mengunjungi wilayah itu lima tahun lalu, setelah Xi memimpin pertemuan tentang Tibet di Beijing.

"Dengan melakukan kunjungan ke wilayah perbatasan, perjalanan Wang mengirimkan pesan penting kepada masyarakat baik di dalam maupun luar negeri bahwa Beijing ingin menegaskan kembali kedaulatannya atas wilayah perbatasan yang disengketakan," katanya.

Baca Juga: Belum Selesai Urusi China yang Kemaruk di Laut China Selatan, Hubungan Vietnam-Malaysia Justru Semakin Memanas Setelah Nelayan Vietnam Ditembak Mati