Find Us On Social Media :

Melewati 24 Jam setelah Disuntik Uji Coba Vaksin Covid-19, Begini Pengakuan Driver Ojol yang Jadi Relawan: 'Ngantuknya Enggak Biasa'

By Khaerunisa, Rabu, 12 Agustus 2020 | 15:44 WIB

Fadly Barjadi Kusuma (32), seorang driver ojek online yang sudah menjalani suntik vaksin Covid-19 di RS Pendidikan Unpad, Jalan Eyckman, Selasa (11/8/2020).

Melewati 24 Jam setelah Disuntik Uji Coba Vaksin Covid-19, Begini Pengakuan Driver Ojol yang Jadi Relawan: 'Ngantuknya Enggak Biasa'

Intisari-Online.com - Vaksin Covid-19 terus diupayakan pemerintah agar segera bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Baru-baru ini, Vaksin Covid-19 memasuki tahap uji coba terhadap manusia di Indonesia.

Beberapa orang menjadi relawan dalam uji coba tersebut.

Kini, para relawan yang sudah disuntik vaksin Covid-19 pada Selasa (11/8/2020) di RS Pendidikan Universitas Padjadjaran sudah melewati waktu 24 jam sejak penyuntikan.

Baca Juga: Uji Klinis Fase 3 Resmi Dimulai, Ridwan Kamil hingga Kapolda Jabar Daftar Jadi Relawan, 'Vaksin Covid-19 Dijamin Halal'

Apa yang terjadi setelah 24 jam penyuntikan?

"Secara umum sih Alhamdulillah enggak ada," ujar Fadly Barjadi Kusuma (32), seorang relawan uji coba vaksin saat dihubungi pada Rabu (12/8/2020).

Efek samping vaksin disebutkan Fadly seperti bengkak di bekas penyuntikan hingga peningkatan suhu tubuh skala ringan, sedang dan berat mencapai lebih dari 39 derajat celcius.

"Efek samping itu Alhamdulillah enggak ada juga setelah 24 jam," ujar Fadly, yang sehari-hari bekerja sebagai driver ojek online (Ojol) di Kota Bandung itu.