Find Us On Social Media :

'Saya Menyukai Dirinya. Tapi Kini Tak Merasakannya Lagi,' Gara-gara Covid-19, Trump Mengaku Hubungannya dengan Xi Jinping Memburuk

By Tatik Ariyani, Rabu, 12 Agustus 2020 | 15:27 WIB

Presiden AS Donald Trump

Intisari-Online.com - Hubungan AS dan China akhir-akhir ini semakin memburuk terkait beberapa isu, seperti virus corona hingga konflik di Laut China Selatan.

Presiden AS Donald Trump, hubungannya dengan Presiden China Xi Jinping pun memburuk karena pandemi Covid-19 yang terjadi.

Dalam wawancara dengan Fox Sports, dia menuturkan sangat menikmati relasinya dengan presiden yang berkuasa sejak 2013 itu pada awalnya.

"Saya mempunyai hubungan yang sangat bagus dengan Presiden Xi. Saya menyukai dirinya. Tapi saya kini tak merasakannya lagi," keluh Trump.

Baca Juga: Petentang-petenteng Nylonong di Laut Indonesia, Kapal Malaysia Ini Langsung Kena Sergap TNI, Baru Dibentak Nyalinya Sudah Menciut Sampai Ngacir Lari Ketakutan

Dia menuturkan sejak wabah Covid-19, di mana dia sering menyebutnya "Virus China", dia dan Xi Jinping sudah tidak berkomunikasi.

Sejak wabah virus corona merebak pada awal Januari, pemerintahan Trump berulang kali menuding Beijing bertanggung jawab.

Tudingan itu bahkan mengarah ke teori konspirasi bahwa virus itu berasal dari laboratorium di Wuhan, kota tempat pandemi pertama terdeteksi.

Trump mengatakan, kerenggangan dengan Presiden China berusia 67 tahun itu bahkan lebih buruk dibanding saat mereka terlibat perang dagang.

Baca Juga: Padahal Jadi Sumber Malapetaka Mengerikan di Beirut, Negara-negara Ini Ternyata Masih Menyimpan Amonium Nitrat, Jumlahnya Bahkan Jauh Lebih Mengerikan daripada di Lebanon