Find Us On Social Media :

Tips Mempertahankan Massa Otot Seiring Bertambahnya Usia

By Nana Triana, Senin, 22 Juni 2020 | 16:13 WIB

Ilustrasi seorang pria sedang berada di tempat gym.

Intisari-online.com – Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami sejumlah perubahan. Bagi kaum pria ada kondisi yang disebut sarcopenia atau penurunan massa dan kekuatan otot.

Sarcopenia dapat terjadi saat pria memasuki usia 40 tahun. Pada usia tersebut tubuh akan mengalami penurunan massa otot 3 hingga 8 persen setiap satu dekade atau 10 tahun. Bahkan mayoritas pria akan mengalami penurunan massa otot hingga 30 persen semasa hidupnya.

Kondisi ini membuat penampilan fisik terlihat kurang menarik dan tak jarang membuat tidak percaya diri. Selain itu, pergerakan tubuh juga menjadi terbatas.

Berkurangnya kekuatan otot membuat kegiatan sederhana seperti berjalan, naik tangga, mengangkat benda, hingga bangun dari tempat tidur harus dilakukan dengan hati-hati.

Baca Juga: Jalani Hidup di Fase New Normal, Ini Kebiasaan Baru yang Harus Diadopsi

Dikutip Kompas.com, (05/03/2020), Dr.dr.C. Heriawan Soejono, Sp.PD., K.Ger., M.EPID, spesialis penyakit dalam mengatakan seiring bertambahnya usia, massa otot akan menurun secara bertahap.

Salah satu faktor penyebab penurunan massa otot adalah gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya saja terlalu banyak konsumsi karbohidrat dan gula yang tidak diseimbangkan dengan olahraga yang menyebabkan obesitas.

Seseorang yang obesitas akan lebih berpotensi mengalami penurunan massa otot dan keropos tulang.

Melansir tulisan Jasminka Ilich-Ernst, seorang profesor bidang gizi di Florida State University di Healthline.com, obesitas bukan hanya membuat tubuh orang berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah, tapi juga menyebabkan menurunnya massa otot.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu: Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Protein Ini

Perubahan pola gaya hidup adalah salah satu cara yang bisa mencegah atau menunda terjadinya sarcopenia. Nah, agar kita tetap prima dan bertenaga di usia senja, berikut lima hal yang bisa dilakukan.

  1. Mengonsumsi makanan berprotein

Protein yang masuk dalam tubuh ternyata tidak hanya terpakai untuk membentuk otot tetapi juga memproduksi hormon.