Find Us On Social Media :

India Harus Bersabar, Dihantam China, Juga Masih Harus Menghadapi Regangnya Hubungan Bilateral dengan Nepal, Apa Sebabnya?

By Maymunah Nasution, Minggu, 21 Juni 2020 | 10:15 WIB

Demonstran di Kathmandu, Nepal, yang protes dibuatnya jalan layang oleh India di wilayah teritori Nepal

Intisari-online.com - India mengalami ketegangan dan layaknya dihimpit oleh negara-negara di sekitarnya.

Di tengah ketegangan dengan China memperebutkan perbatasan Ladakh dan Aksai Chin, India juga diributkan dengan tuntutan Nepal terkait wilayah perbatasan.

Melansir South China Morning Post, pada Kamis Nepal memutuskan untuk menyetujui peta teritorial baru yang penuh kontroversi.

Disebut kontroversial karena teritorial yang diklaim Nepal tersebut juga merupakan wilayah rebutan China dan India.

Baca Juga: 50 Tahun Meninggalnya Bung Karno: Misteri Surat Wasiat Petunjuk Harta Karun Bernilai Miliaran di Swiss, Istri Ketujuhnya Justru Ungkap Fakta Menyedihkan Akhir Hidup Sang Proklamator Ini

Keputusan Nepal ini bukanlah keputusan tanpa sebab.

Nepal memutuskan untuk mengklaim sebagian wilayah sengketa tersebut karena sudah ketahui jika kondisi antara India dan China memanas.

Sejak berita laporkan bentrokan dengan batu antara tentara India dan China di lembah Galwan, dengan 20 tentara India meninggal, Kathmandu tidak sampaikan rasa duka cita sama sekali.

Hal ini buktikan jika upaya China untuk memperkuat pengaruhnya di wilayah tersebut telah membuat hubungan bilateral India dan Nepal yang awalnya damai menjadi genting.

Baca Juga: Disebut Lebih Buruk dari Pandemi Virus Corona, 1 dari 3 Bencana Besar Ini Diprediksi Akan Terjadi dalam Beberapa Dekade ke Depan