Find Us On Social Media :

Peduli Tubuhmu: 6 Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi yang Harus Diketahui

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 3 Juni 2020 | 19:00 WIB

Peduli tubuhmu, tanda tubuh mengalami dehidrasi.

Intisari-Online.com – Setiap makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup, bila tidak terpenuhi maka akan mengalami dehidrasi.

Namun berkeringat, kencing, muntah, atau diare dapat menyebabkan kehilangan cairan, semakin meningkatkan kebutuhan cairan Anda, mengancam kelangsungan hidup Anda, dan membuat Anda merasa haus, catat sebuah artikel yang diterbitkan pada Mei 2018 dalam jurnal Current Biology.

Jika Anda haus, itu adalah tanda yang paling jelas bahwa Anda mengalami dehidrasi, yang terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup cairan untuk mencapai puncaknya.

Mengalami dehidrasi tidak hanya berarti tubuh Anda kehilangan air, itu juga berarti Anda kehilangan elektrolit, seperti garam dan kalium, yang membantu tubuh Anda bernapas, bergerak, berbicara, dan melakukan semua hal lainnya.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu: 9 Tanda Tubuh yang Bugar Meski Tidak Pernah ke Gym

Itu semua juga diperlukan untuk tetap terjaga dan berjalan.

Kondisi kesehatan tertentu, termasuk diabetes, dapat menempatkan Anda pada peningkatan risiko dehidrasi.

Jika Anda terlalu banyak berkeringat karena panas atau tenaga berlebihan, muntah atau diare karena flu atau penyakit akut lainnya, atau sering buang air kecil, penting untuk memperhatikan asupan cairan Anda.

Orang-orang yang sangat rentan kehilangan cairan termasuk mereka yang tidak dapat memuaskan dahaga mereka karena cacat atau penyakit, mereka yang atlet, atau mereka yang terlalu muda atau terlalu tua untuk menggantinya sendiri.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu: Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12, Termasuk Kelelahan