Find Us On Social Media :

Lebaran Justru Bikin Keuangan 'Ambyar'? Ikuti Langkah ini Setelah Gajian Tiba

By Maymunah Nasution, Senin, 25 Mei 2020 | 09:00 WIB

(ilustrasi) masalah keuangan atau utang

Intisari-online.com - Lebaran sering kali menjadi momen masyarakat menjadi sangat konsumtif.

Banyak barang atau makanan yang dibeli, entah karena memang butuh atau sekadar tergoda oleh diskon.

Dampaknya, meski mendapatkan tambahan uang berupa THR, tak sedikit masyarakat Indonesia yang pada akhirnya sampai 'mengorek' tabungan atau bahkan berutang untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran.

Nah, gajian pertama usai lebaran telah tiba, ini waktunya Anda untuk mengatur kembali keuangan agar bebas dari utang lebaran.

Baca Juga: Ketahui Lebih Jauh Tiga Jenis Gangguan Tidur pada Anak Kecil

Sebagian masyarakat sering kehilangan kendali mengontrol keuangan saat lebaran. Alhasil, dana tabungan mereka terkuras untuk memenuhi semua kebutuhan lebaran.

Bahkan, ada sebagian masyarakat yang menggunakan kartu kredit atau mengajukan pinjaman untuk membayar tagihan belanjaannya.

Alhasil, setelah momen lebaran berlalu mereka dibuat pusing. Pertama, mereka tidak lagi mempunyai dana simpanan alias tabungan. Kedua, mereka mempunyai utang yang harus dibayar.

Fitri Agustina, Financial Planner One Shildt mengatakan tidak disarankan Anda menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan lebaran karena kebutuhan Anda tersebut bersifat konsumtif.

Baca Juga: Rahasia Besar Terungkap, Jaringan Misterius Terkait Intelijen Korea Selatan Mengisi Media Sosial dengan Gambar-gambar Anti-Korea Utara