Find Us On Social Media :

Ini 18 Manfaat Tanaman Obat Sereh, dari Cegah Kenaikan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 28 Februari 2020 | 07:00 WIB

Manfaat tanaman obat sereh.

Intisari-Online.com – Cymbopogon citratus, umumnya dikenal sebagai serai atau sereh atau minyak rumput, sebenarnya adalah tanaman tropis asli Asia tropis yang sebagian besar bagian selatan India dan Sri Lanka.

Ini adalah rumput abadi berumpun beku-tender yang biasanya digunakan sebagai penyedap lemon di Thailand, Vietnam, Laos dan Kamboja dan dibudidayakan secara luas di Asia Tenggara untuk tujuan itu.

Tajam, aroma dan aroma lemon menjadikannya sebagai tambahan yang lezat untuk tumisan, sup, kari, dan bumbu, terutama dalam masakan Vietnam dan Thailand.

Batang luarnya yang hijau dapat diseduh menjadi teh yang populer dalam tradisi pengobatan tradisional sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Tanaman Obat Daun Saga, dari Turunkan Demam Hingga Bantu Atasi Gigitan Ular, Tapi Hati-hati Efek Sampingnya

Bahkan, serai mungkin mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan Anda serta rasa masakan Anda, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum dapat direkomendasikan sebagai pengobatan untuk kondisi apa pun.

Sebagai bumbu masakan, serai juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan untuk penyembuhan penyakit tertentu.

Secara tradisional digunakan untuk meringankan masalah pernapasan tertentu yang termasuk radang tenggorokan dan sakit tenggorokan, serai telah mendapatkan identitas karena sifat anti-piretiknya yang mengurangi demam yang lebih tinggi.

Dikenal sebagai rumput demam dalam budaya tertentu uapnya dihirup, menghasilkan keringat yang meningkat dan akhirnya menghilangkan demam.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Tanaman Obat Bayam Duri, Termasuk untuk Kesehatan Tulang, Tapi Hati-hati Bagi Penderita Ginjal