Find Us On Social Media :

5 Hal Ini Bisa Bantu Atasi Batu Ginjal, Salah Satunya Kurangi Protein Hewani

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 10 Januari 2020 | 07:40 WIB

Batu ginjal

Intisari-Online.com – Jika Anda pernah mengalami batu ginjal, Anda mungkin tidak akan menginginkannya pada musuh terburuk Anda, dan Anda akan melakukan apa saja untuk menghindarinya lagi.

Batu ginjal lebih umum pada pria daripada wanita, dan pada sekitar setengah dari orang yang pernah memilikinya, batu ginjal menyerang lagi dalam 10 hingga 15 tahun tanpa tindakan pencegahan.

Bentuk batu ginjal terbentuk ketika zat-zat tertentu, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, menjadi cukup pekat untuk membentuk kristal di dalam ginjal Anda.

Kristal tumbuh lebih besar menjadi "batu." Sekitar 80% hingga 85% dari batu ginjal terbuat dari kalsium.

Baca Juga: Sempat Diderita Atlet Sekelas Lionel Messi, Bukti Batu Ginjal Bisa Menyerang Siapa Saja, Begini Cara Pencegahannya

Sisanya adalah batu asam urat, yang terbentuk pada orang dengan kadar pH urin rendah.

Setelah batu terbentuk di ginjal, mereka dapat mengeluarkan dan menurunkan ureter, menghalangi aliran urin.

Hasilnya adalah periode nyeri hebat, termasuk nyeri pinggang (nyeri di satu sisi tubuh antara perut dan punggung), kadang-kadang dengan darah di urin, mual, dan muntah.

Saat batu melewati ureter menuju kandung kemih, mereka dapat menyebabkan sering buang air kecil, tekanan kandung kemih, atau rasa sakit di pangkal paha.

Baca Juga: 5 Gejala Batu Ginjal yang Harus Anda Ketahui, Termasuk Kencing Sedikit Demi Sedikit, Sadari Sebelum Semakin Parah!