Find Us On Social Media :

Internet Sangat Membantu, Tapi Juga Buat Orang 'Percaya Diri' Diagnosis Diri Sendiri dengan Penyakit Tertentu

By Nieko Octavi Septiana, Senin, 11 November 2019 | 20:00 WIB

Ilustrasi self-diagnosis

Intisari-Online.com - Mesin pencari di internet bisa menunjukkan apa saja yang kita butuhkan, termasuk menunjukkan gejala atau tanda berbagai kondisi atau penyakit.

Hal yang sangat membantu, bukan?

Tapi masalahnya, dengan 'kemudahan' itu, manusia juga dengan gampangnya mendiagnosis dirinya dengan kondisi tertentum tanpa bantuan ahli atau self-diagnosis.

Melansir Daily Mail, Jumat (8/11/2019), dua dari lima orang Amerika secara salah meyakinkan diri sendiri bahwa mereka memiliki penyakit serius, setelah beralih ke 'Dr Google ' - menurut penelitian baru.

Baca Juga: Secara Misterius Kulit Ular Ini Mengering, Mengelupas, Hancur dan Membuatnya Jadi Mumi Kurus, Ternyata Terjangkiti Penyakit Ini, Bisa Tulari Manusia?

Sebuah survei terhadap 2.000 orang Amerika menemukan bahwa 43 persen telah melihat gejalanya di internet dan akhirnya percaya bahwa mereka memiliki penyakit yang jauh lebih serius daripada dalam kenyataannya.

Enam puluh lima persen responden telah menggunakan internet untuk mendiagnosis diri mereka sendiri.

Alih-alih meredakan kekhawatiran, 74 persen dari mereka yang telah mendiagnosis diri sendiri secara online mengatakan mencari gejala mereka membuat mereka lebih khawatir tentang kesehatan mereka.

Itu mungkin karena saran medis dari internet yang ditemukan oleh responden memiliki reliabilitas kurang dari 40 persen.

Baca Juga: Bos Perusahaan Ini Rela Berjongkok di Hadapan Puluhan Karyawannya Lalu Membersihkan Kaki Mereka dengan Tangan, Inilah yang Jadi Alasannya!