Advertorial
Intisari-Online.com – Pekerjaan di kantor mungkin menyita waktu Anda seharian, bahkan kita menganggapnya berat.
Saking beratnya itulah Anda pun merasa tidak punya waktu senggang sedikit pun di kantor sekadar meluruskan punggung.
Coba Anda pikirkan lagi, pasti ada sedikit waktu di mana Anda tidak punya banyak pekerjaan berat di kantor.
Nah, saat mengalami hari tersebut, bukan berarti meski berleha-leha, melainkan penting untuk tetap produktif dan bekerja.
Baca Juga: Inilah Alasan Ilmiah Mengapa Kita Sering Tak Bisa Menikmati Waktu Senggang
Nah, saat sibuk kerja terus menerus, sering kali kehilangan kesempatan untuk merencanakan dan menata.
Dalam keterangan yang diterima Kompas.com dari situs pencari kerja Jobstreet.com, berikut cara agar tetap produktif saat hari senggang di kantor.
1. Get organised
Saat waktu senggang, tak ada salahnya untuk menata email. Atur email ke dalam folder-folder yang tepat, hapuslah junk mail, dan arsipkan email yang sudah dikerjakan.
Baca Juga: Beda Sibuk dan Produktif, Anda Pilih yang Mana?
Ketika Anda melakukannya, rapikan file di komputer juga. Hal ini tidak hanya akan memudahkan Anda , juga akan menambah daya simpan dan mempercepat komputer.
2. Bersihkan meja
Jika Anda seperti kebanyakan orang bekerja lainnya, maka akan cenderung punya bermacam-macam kertas, majalah dan brosur yang menumpuk di atas meja.
Kebanyakan benda tersebut akan mungkin tetap ditempatnya selama berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun).
Baca Juga: Sambut Generasi Produktif 2030, Sun Life Indonesia Usung Kampanye Kesehatan #LiveHealthierLives
Nah, inilah kesempatan Anda untuk membersihkan meja Anda . Ini akan menjadi hampir seperti tempat kerja baru saat Anda selesai membersihkannya!
3. Membuat daftar yang harus dikerjakan pekan depan
Merencanakan beban kerja jauh-jauh hari adalah cara terbaik untuk melacak tugas-tugas Anda dan tetap mengutamakan yang terpenting.
Manfaatkan hari santai Anda untuk membuat daftar pekerjaan Anda untuk minggu depan.
Baca Juga: 12 Siasat Jadi Produktif dengan Sarapan Protein yang Simpel
Meninjau tugas-tugas Anda untuk minggu berikutnya juga membantu Anda bersiap-siap secara mental dan menjaga hal-hal berjalan dengan lancar.
4. Perbarui catatan pencapaian
Jika Anda belum punya, inilah saatnya untuk membuat buku harian untuk mencatat dan melacak pencapaian Anda selama ini.
Hal ini tidak hanya berguna untuk review kinerja, juga dapat menjadi referensi yang berguna saat kita perlu untuk memperbarui resume di masa yang akan datang.
Baca Juga: Memutuskan Bekerja di Rumah? Ini 10 Cara Agar Lebih Produktif!
Kita seringkali berjuang untuk mengingat tepatnya apa yang kita sudah capai selama bertahun –tahun; membuat daftar pencapaian tersebut secara berkala adalah pengingat yang baik akan sampai sejauh apa kita saat ini dari saat pertama kali kita memulai karir kita.
5. Belajar keterampilan baru
Proses belajar tidak akan berakhir, dan mempelajari sesuatu yang baru selalu bermanfaat untuk perkembangan personal kita sebagaimana untuk perusahaan.
Hal ini juga tidak akan pernah terlalu mudah dengan spektrum platform belajar online yang luas dan tutorial gratis dari kami saat ini.
Baca Juga: Kisah Ibu Paling Produktif Dalam Sejarah, Hamil 27 Kali dan Lahirkan 69 Anak
6. Tinjau perkembangan karir
Membuat daftar kemajuan karir Anda itu penting. Evaluasi apa yang telah Anda pelajari dan capai sejak Anda memulai pekerjaan Anda saat ini dan refleksikan apakah Anda menuju kearah yang tepat.
Jika Anda stagnan sepanjang jalan, saat ini akan menjadi saat yang baik untuk bertanya pada diri Anda sendiri penyebabnya dan mulai mendaftar tujuan-tujuan baru untuk kembali ke jalur yang benar. (Kahfi Dirga Cahya)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Tetap Produktif saat Waktu Senggang di Kantor"
Baca Juga: Mulai Besok Pagi, Hentikan 5 Kebiasaan saat Bangun Tidur Ini, Jika Anda Ingin Produktif!