Find Us On Social Media :

Ini 6 Cara Tenangkan Otak yang Selalu Sibuk, Salah Satunya dengan Mendengar

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 8 November 2019 | 21:00 WIB

Ilustrasi meditasi

Intisari-Online.com – Kita tentunya memakai otak sepanjang hari bahkan hingga usia senja.

Sayangnya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menggunakan otak yang selalu aktif itu justru bikin lelah dan tak bisa lagi setajam sebelumnya.

Makanya, kita harus dapat mengistirahatkan sebentar otak yang selalu sibuk itu. Bagaimana caranya?

Dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal medis Nature, peneliti dari Harvard Medical School melaporkan bahwa otak yang tenang dengan aktivitas yang saraf yang kurang, dapat menyebabkan usia lebih panjang.

Baca Juga: Awalnya Dikira Flu, Ternyata Anak Marcella Zalianty Kena Tumor Otak, Hindarkan Anak dari 5 Jajanan 'Berbahaya' Berikut Ini

Setelah menganalisis jaringan otak dari orang yang meninggal pada usia 60 hingga lebih dari 100 tahun, ditemukan bahwa orang yang paling lama hidup memiliki tingkat gen yang lebih rendah terkait dengan aktivitas saraf.

"Studi ini menunjukkan bahwa melambatkan aktivitas pada periode tertentu, baik dihabiskan dalam meditasi, melakukan satu pekerjaan saja pada satu waktu, hanya diam atau tidur sama pentingnya bagi kesehatan otak dan umur panjang dengan aktivitas dan olahraga," kata Gayatri Devi, MD, ahli saraf dan psikiater di Northwell Health di New York, seperti dikutip dari healthline.com.

Maryanna Klatt, PhD, seorang profesor kedokteran keluarga klinis dari The Ohio State University yang khusus menangani penyakit kronis yang berkaitan dengan stres, menjalankan program yang disebut Mindfulness in Motion.

Maryana berbagi beberapa strategi untuk otak agar lebih tenang dan panjang umur.

Baca Juga: Kondisi Kesehatan Pria Ini Terus Memburuk, 15 Tahun Kemudian Terungkap Ternyata 'Makhluk Ini' Telah Memakan Otaknya