Find Us On Social Media :

Ini Dia Manfaat Gula Merah dan Asam Jawa untuk Kesehatan, Salah Satunya Atasi Nyeri Haid

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 24 Oktober 2019 | 08:00 WIB

Campuran asam jawa dan gula untuk kesehatan.

Intisari-Online.com – Ketika mengalami masalah kesehatan, memang sebaiknya diusahakan pengobatan secara alamiah dahulu sebelum akhirnya meminum obat dari dokter.

Karena obat dari dokter kebanyakan berasal dari bahan kimia, yang bila tidak terkontrol akan mengakibatkan memburuknya kesehatan.

Dalam sayuran dan bumbu tersimpan berbagai macam senyawa penting yang baik untuk kesehatan kita.

Mereka berperan untuk meningkatkan kesehatan dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Gula Merah pun Bermanfaat untuk Ayam Aduan, Salah Satunya Tambahan Energi

Dari banyaknya jenis sayuran dan bumbu, asam jawa memiliki manfaatnya tersendiri. Seperti mengobati bisul atau nyeri haid.

Daging buah asam jawa kadang diolah supaya awet (asam kawak). Buahnya mengandung asam tatrat, asam malat, asam nitrat, dan asam aseta, yang dapat memperlancar buang air besar.

Selain itu, ia juga dapat memperlancar peredaran darah. Daun muda asam jawa juga berkhasiat merangsang selaput lendir diding tenggorokan dan usus. Alhasil, tenggorakan gatal menjadi lebih baik.

Berikut ini diambil dari Majalah Intisari edisi Extra, manfaat lainnya dari asam jawa,  yang biasanya dimasak bersama dengan gula merah:

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Ramuan Jahe dan Gula Merah, dari Ringankan Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi Hingga Masalah Pernapasan

Bisu

Asam jawa jugaa bisa kita gunakan untuk mengobati bisul. Caranya asam kawak sebesar telur puyuh direndam dalam segelas air hingga mengembang.