Find Us On Social Media :

Tidak Hanya Anda, Bayi pun Lebih Suka Melihat yang Cantik dan Ganteng, Ini Alasannya Menurut Para Peneliti

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 2 Oktober 2019 | 11:00 WIB

Bayi lebih suka melihat orang yang cantik dan ganteng.

Intisari-Online.com – Ketika bayi Anda menatap Anda atau siapa pun di sekitar Anda, apa yang mereka lihat?

Dua penelitian menunjukkan bahwa bayi dan balita lebih suka menatap wajah-wajah cantik, dan menunjukkan bahwa anak-anak lebih mempercayai orang cantik.

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa kadang-kadang, bayi Anda lebih suka menatap beberapa orang dan bukan yang lain? Apa artinya ketika seorang bayi menatap Anda?

Sebuah penelitian tahun 2004 di Inggris mengamati bahwa bayi yang baru lahir lebih suka melihat wajah yang menarik, yang menunjukkan bahwa bayi tidak belajar pengenalan wajah, tetapi datang dengan kemampuan sejak lahir.

Baca Juga: Kisah Pilu Wanita-wanita di 'Pabrik Bayi' Nigeria, Dipaksa Hamil dan Anaknya Diperdagangkan

Dalam penelitian tersebut, peneliti Alan Slater dan rekan-rekannya di University of Exeter menunjukkan gambar pasangan wajah untuk bayi.

Bayi-bayi ini semuda satu hari, dan para peneliti menemukan bahwa mereka menghabiskan lebih banyak waktu terpaku pada wajah yang lebih "menarik".

Psikolog perkembangan telah mengamati selama bertahun-tahun bahwa bayi lebih suka objek tertentu.

Ini bisa berupa gambar kontras tinggi dan bentuk biologis melengkung. Namun, mereka tidak tahu mengapa bayi lebih memilih mereka, dan dari mana preferensi ini berasal.

Baca Juga: Dikira Suara Kucing, Ternyata Ada Bayi Menangis yang Ditinggalkan di Semak-semak Bawah Jalan Tol, Kondisinya Saat Ditemukan Memprihatinkan

Penelitian menunjukkan bahwa bayi bukan papan tulis yang kosong dan malah datang ke dunia dengan sistem persepsi yang cukup berkembang.

Lalu, mengapa bayi lebih suka melihat orang cantik?