Find Us On Social Media :

Ria Irawan Alami Metastasis: Kanker Metastasis Tidak Bisa Disembuhkan Hanya Bisa Diobati dan Bagian Inilah yang Umum Diserang

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 7 September 2019 | 17:00 WIB

Ria Irawan alami kanker metastasis

Intisari-Online.com – Beberapa waktu belakangan ini kita mendengar bahwa artis seni peran Ria Irawan dikabarkan menjalani perawatan di rumah sakit lagi setelah sel kankernya kembali aktif dan mengalami metastasis.

Setelah sebelumnya sempat dinyatakan sembuh dari kanker kelenjar getah bening yang diidapnya, ia kini dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba, Jakarta Pusat.

Melansir dari Kompas.com, Dewi Irawan, kakak Ria Irawan, adiknya sudah dirawat sejak Minggu (1/9/2019).

"Iya waktu kemarin itu, dia tuh pas masuk memang kondisinya menurun, tapi mulai dari tanggal 1 (September, dirawat)," ungkapnya saat dihubungi wartawan, Jumat (6/9/2019).

Baca Juga: Ria Irawan Alami Metastasis: Ironis, Kondisi Psikologis yang Sering Dialami Penderita Kanker Ini Justru Percepat Penyebaran Sel Kanker, Bahkan Mengurangi Kemanjuran Kemoterapi

Metastasis adalah salah satu kondisi yang berbahaya bagi penderita kanker.

Kanker metastasis adalah jenis kanker tingkat lanjut, yang disebabkan oleh sel-sel yang tidak terkontrol yang selanjutnya menyebar ke organ lain seperti paru-paru, tulang, hati atau otak melalui kelenjar getah bening atau pembuluh darah.

Lalu, mengapa kanker menyebar?

Sel-sel normal tidak menyebar di luar area tempat mereka berada. Sebagai contoh, sel-sel paru-paru tidak melakukan perjalanan ke jantung meskipun mereka berada di dekatnya.

Alasan untuk ini adalah bahwa sel-sel normal memiliki "bahan kimia adhesi" yang bertindak agak seperti lem, yang menyatukan sel-sel yang berbeda di daerah asalnya.

Baca Juga: Ria Irawan Alami Metastasis: Faktanya, Kebiasaan Tidur Masyarakat Indonesia Ini Juga Bisa Bikin Sel Kanker Menyebar dengan Cepat dalam Tubuh