Find Us On Social Media :

Ingat! Penderita Diabetes Tipe 2 Berisiko Mengalami Sirosis dan Kanker Hati

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 26 Mei 2019 | 15:30 WIB

Penderita diabetes dapat mengembangkan sirosis hati.

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian yang sangat besar dilakukan di Eropa, yang menjangkau 82 juta orang di seluruh benua.

Dibuat oleh para peneliti dari Queen Mary University of London dan University of Glasgow, penelitian ini menghasilkan banyak kesimpulan menarik dan berwawasan luas.

Namun, beberapa tidak begitu positif, dengan salah satu kesimpulan adalah bahwa orang dengan diabetes tipe 2 memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena sirosis dan kanker hati, oleh karena itu harus menerima pemantauan rutin.

Baca Juga: Kanker Hati: Seperti Apa Gejala dan Bagaimana Pengobatannya?

Kesimpulan yang lebih mengejutkan adalah bahwa orang-orang yang didiagnosis dengan kondisi tersebut sudah memilikinya pada stadium lanjut, dan dengan demikian mereka lebih sulit disembuhkan.

Muncul dalam jurnal BMC Medicine, tujuan awal dari penelitian besar ini adalah untuk memeriksa orang-orang dengan penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) dan steatohepatitis (NASH) dan memperkirakan seberapa tinggi risiko mereka terkena sirosis dan kanker hati.

Salah satu alasan di balik ini adalah karena sejak dekade menjelang 2010, NAFLD telah menempatkan dirinya sebagai penyebab utama di balik penyakit hati pada tingkat global, naik dari 15 menjadi 25 persen pada tahun yang disebutkan.

Baca Juga: Diet Sehat Diabetes: Mengatur Kadar Gula Darah Dengan Bawang

Akibatnya, NAFLD telah memparalelkan peningkatan kasus obesitas dan diabetes tipe 2. Demikian dilansir dari medicaldaily.

Bahkan, menurut American Liver Foundation, setidaknya 100 juta orang yang tinggal di Amerika Serikat terkena dampak NAFLD. NASH, di sisi lain, adalah bentuk kondisi yang lebih agresif, yang sering menyebabkan komplikasi hati dan bahkan kanker. Kebutuhan akan diagnosis yang jauh lebih awal

Baca Juga: Penelitian: Diabetes Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Karena Lingkungan Mikro

Sebagai suatu kondisi, NAFLD sudah mempengaruhi orang-orang jauh sebelum mereka menjadi mengancam jiwa, dan karenanya diagnosis harus dibuat segera.