Find Us On Social Media :

Ternyata, Sebenarnya Kita Memang Harus Banyak Konsumsi Karbohidrat Setiap Hari, Tapi...

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 25 Januari 2019 | 14:00 WIB

Intisari-Online.com – Menurut Dietary Guidelines for Americans, sekitar setengah kalori harian kita harus berasal dari karbohidrat. Cukup banyak. Tapi, ada lebih banyak rekomendasi daripada itu.

Beberapa sumber karbohidrat lebih baik untuk Anda daripada yang lain, dan jumlah karbohidrat yang dibutuhkan seseorang sangat tergantung pada usia, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas.

Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien yang ditemukan dalam makanan yang memberikan energi pada tubuh kita.

Karbohidrat, protein, dan lemak, menyediakan kalori dalam makanan sehari-hari kita.

Baca Juga : Jika Ingin Menurunkan Berat Badan, Berapa Banyak Konsumsi Karbohidrat yang Layak?

Karbohidrat sebagian besar ditemukan pada tanaman di mana mereka menyediakan energi dan struktur. Gula, pati, dan serat termasuk dalam kategori ini.

Meskipun hewan membutuhkan dan mengonsumsi karbohidrat, namun kita tidak akan menemukan karbohidrat dalam daging, ikan, atau unggas.

Tetapi kita akan menemukan karbohidrat dalam susu dan produk susu karena mengandung laktosa, yang juga merupakan jenis gula.

Kebutuhan karbohidrat berdasarkan pada asupan kalori kita. Jika kita tahu berapa banyak kalori yang kita butuhkan setiap hari, kita bisa mengetahui berapa gram karbohidrat yang kita butuhkan.

Baca Juga : Nafas Tak Sedap? Berikut 4 Risiko pada Tubuh saat Kekurangan Karbohidrat

Ini perhitungannya:

Sebagai contoh, seseorang yang makan sekitar 2.000 kalori per hari harus mengonsumsi sekitar 250 gram karbohidrat (2.000 dibagi 2 = 1.000 dan 1.000 dibagi 4 = 250).

Baca Juga : Ingin Kurangi Konsumsi Karbohidrat? Ini 5 Langkah yang Harus Kita Terapkan