Find Us On Social Media :

Cukup Tambahkan 5 Biji-bijian Sehat Ini ke Dalam Makanan Sehari-hari, Dapatkan Manfaat 'Ajaibnya'

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 20 Desember 2018 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com – Ukurannya kecil, tapi besar manfaatnya. Ini mungkin mendeskripsikan biji-biji kecil ini yang ternyata mengandung jumlah dan variasi nutrisi yang tidak kita kira.

Tambahkan sedikit biji-bijian kecil ini ke dalam smoothie atau salad dapat memberikan tambahan manfaat pada makan sehari-hari kita.

Lori Zanini, ahli diet dari Akademi Nutrisi dan Diet, memberikan lima pilihan biji-bijian sehat yang bisa kita pertimbangkan, seperti dilansir dari medicaldaily.

Biji rami

Baca Juga : Atasi Diabetes hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung, Rutin Makan Jambu Biji Miliki 8 Khasiat Menakjubkan Bagi Tubuh

Daripada mengonsumsi biji rami utuh, ahli nutrisi menyarankan untuk memilih bentuk bubuk yang lebih mudah dicerna dan juga dapat memberikan lebih banyak manfaat kesehatan.

Sering dikaitkann dengan kesehatan pencernaan yang lebih baik, biji-bijian ini dapat memberikan nutrisi seperti serat, protein, dan asam lemak omega-3.

Biji rami juga dianggap sebagai sumber lignan yang baik, fitokemikal ini terbukti memiliki potensi untuk mengurangi pertumbuhan tumor dan kemungkinan mengurangi risiko kanker.

Biji chia

Baca Juga : Selain Buahnya, Biji dan Kulit Rambutan Miliki Khasiat Luar Biasa untuk Obat hingga Kecantikan

Biji chia dianggap sebagai sumber protein lengkap karena mengandung semua asam amino esensial.

Biji chia juga dianggap mengenyangkan karena menyerap sekitar 10 kali berat di dalam air, sehingga membantu kita merasa kenyang lebih lama.

‘Gunakan biji chia dalam makanan, bukan sebagai suplemen, tetapi sebagai alternatif untuk biji-bijian olahan seperti roti putih karena biji-bijian ini jauh lebih sehat dan sangat lezat dalam makanan seperti muffin,” jelas Michael Roizen, dari Klinik Cleveland.