Find Us On Social Media :

Pelindung Anne Frank Membuka Tabir Bagaimana Sampai Ia Tertangkap

By K. Tatik Wardayati, Senin, 11 Juni 2018 | 17:00 WIB

Intisari-Online.com – Mungkin kebanyakan di antara kita sudah mendengar tentang Anne Frank, anak Yahudi yang menulis buku harian dalam persembunyian di Amsterdam.

Buku harian itu begitu mengharukan sampai dibuat film dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Namun, cerita kali ini bukan tentang buku itu, tetapi tentang wanita yang menyembunyikannya. Miep Gies menulis buku yang diberi judul: Anne Frank Remembered.

“Tidak, saya bukan pahlawan," kata Miep Gies. Ia mengatakan hal itu dengan tenang dan pasti tanpa kesan berpura-pura.

Miep Gies dan suaminya bersama-sama dengan beberapa orang Belanda yang lain telah menyembunyikan suami-istri  Frank beserta putri-putri mereka, Anne dan Margot, keluarga Van Daan dengan putranya Peter dan juga dokter gigi Albert Dussel di belakang rumah di Jl. Prinsengracht 263, Amsterdam, selama dua tahun dalam Perang Dunia II.

Baca juga: Siapa Pengkhianat Anne Frank Hingga Ia Bisa Tertangkap Polisi?

Yang disembunyikan itu adalah keluarga-keluarga Yahudi yang tengah diburu Nazi.

"Kelihatannya Miep tak pernah sekali pun melupakan orang yang disembunyikannya," tulis Anne di buku hariannya dulu. Meskipun demikian Miep akhirnya tak bisa menyelamatkan mereka.

Usaha menyembunyikan itu terbongkar. Keluarga Frank, keluarga Van Daan dan Albert Dussel diangkut ke kamp konsentrasi pada bulan Agustus 1944. Korban satu-satunya yang selamat hanyalah Otto Frank yang kemudian mengunjungi Miep lagi di Amsterdam setelah perang.

Anne ternyata meninggal di bulan Maret 1945 di Bergen-Belsen.

Tutup pundak Anne

"Tak ada hari yang lewat tanpa mengingat gadis itu," kata Miep sedih. Di laci ruang tamunya, Miep menyimpan barang-barang kenangan, termasuk buku harian Anne, yang bisa diselamatkan setelah sahabat-sahabat Yahudinya itu diangkut Nazi.

Baca juga: Lembar Rahasia dari Buku Harian Anne Frank Terungkap, Berisi Lelucon 'Nakal'

Barang- barang itu antara lain: kotak bedak Nyonya Frank, tutup pundak waktu menyisir rambut milik Anne, sebuah catatan belanja yang ditulis Tuan Van Daan. Juga ada sebuah menu galadinner yang diperuntukkan untuk Miep dan suaminya yang diketik oleh Anne serta sebuah bintang Yahudi.