Boneyard, Kuburan Para Pesawat yang Rumit Namun Mampu Hasilkan Rp7,3 Triliun per Tahun

Agustinus Winardi
,
Ade Sulaeman

Tim Redaksi

Boneyard merupakan makam pesawat yang jumlahnya mencapai puluhan ribu
Boneyard merupakan makam pesawat yang jumlahnya mencapai puluhan ribu

Intisari-Online.com -Tidak hanya manusia yang membutuhkan makam, pesawat-pesawat terbang ternyata juga membutuhkan area pemakaman.

(Siapa Sangka, Makan Es Krim ketika Sarapan Bagus untuk Kesehatan Mental dan Kewaspadaan)

Militer AS dikenal memiliki puluhan ribu pesawat tempur sejak Perang Dunia II. Berbagai pesawat tempur generasi terbaru terus saja diproduksi sehingga populasi pesawat tempur AS makin bertambah.

Puluhan ribu pesawat tempur yang kemudian tidak dipakai atau dipensiunkan bukan berarti karena sudah rusak dan tidak bisa terbang. Tetapi hampir semuanya masih laik terbang.

Lalu kemanakah ribuan pesawat tempur yang sudah pensiun itu ditempatkan?

(Ini Kelebihan Pesawat Baru 'Racikan' Habibie)

Untuk menyimpan puluhan ribu pesawat tempur yang sudah tidak dioperasikan lagi, AS telah memiliki kuburan massal pesawat di kawasan yang spesial dan dikenal sebagai Boneyard.

Salah satu kawasan yang khusus untuk menyimpan pesawat-pesawat tempur yang sudah pensiun itu adalah Gurun Tuscon, Arizona.

Kawasan seluas puluhan ribu hektar itu berisi lebih dari 4000 pesawat bekas dan jenisnya mulai dari pesawat-pesawat tempur era PD II hingga jet tempur generasi keempat.

Untuk pesawat-pesawat yang sudah tidak layak pakai akan dihancurkan atau di-scrap dan menjadi bahan baku industri tertentu, misalnya otomotif.

Semua pesawat tempur yang disimpan di Gurun Tuscon selalu dalam kondisi baik karena cuacanya panas dan kering sehingga bisa terhindar dari korosi.

Tanah di Tuscon juga selalu kering dan ketika ada pesawat yang sedang terbang untuk mendarat di landasan sekitar Boneyard tidak memunculkan debu.

Namun untuk menjaga agar komponen-komponen vital pesawat-pesawat tempur itu terawat baik, khusus untuk mesin, sistem persenjataan, dan komponen penting lainnya dicopot dan disimpan.

Komponen-komponen itu kemudian dipasang di pesawat-pesawat tempur sejenis yang masih operasional dan ada pembelinya.

Omset orderdil copotan untuk dipasang di pesawat-pesawat tempur yang akan dijual itu tiap tahunnya ternyata sangat luar biasa karena mencapai angka 550 juta dollar AS (setara Rp7,3 triliun).

Banyak orang juga sering berkunjung ke Boneyard tapi bukan untuk ziarah. Para pelancong itu adalah penggemar berat pesawat yang ingin melihat pesawat-pesawat tempur kesukaannya.

Artikel Terkait