Intisari-Online.com- Dalam bentuk masyarakat Israel kuno ada dua struktur sosial utama yang bersaing.
Rakyat disatukan di bawah monarki, yang mengorganisir negara untuk tujuan administrasi dan perpajakan.
Namun di saat yang sama, orang Israel berpegang teguh pada asosiasi suku mereka.
Loyalitas kesukuan seperti itu sering bertentangan dengan kepentingan negara.
Tahun-tahun awal monarki (abad ke-11 SM), misalnya, diganggu oleh perjuangan terus-menerus antara Benyamin, suku Saul (raja pertama Israel), dan Yehuda, suku Daud.
Ketegangan antara suku dan negara adalah di antara faktor utama dalam pembagian monarki menjadi dua negara yang terpisah setelah kematian Salomo (928 SM).
Dalam struktur kesukuan, melayani keluarga dianggap sebagai inti dari kehidupan Israel.
Hubungan kekerabatan ini bisa bersifat biologis atau dipalsukan.
Sebagai contoh, tanah diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, dengan satu putra - biasanya anak sulung - menerima bagian tambahan.
Namun dalam masyarakat patriarki Israel kuno, mereka bisa mengadopsi seorang putra yang akan menjadi pewaris warisan keluarga jika tak punya putra.
Selain adopsi, ikatan kekerabatan juga ditempa melalui pernikahan.
Ikatan keluarga seperti itu berfungsi sebagai sarana bagi orang Israel untuk berinteraksi satu sama lain, bertukar barang, dan menyelesaikan atau mencegah konflik.
Karena Israel kuno adalah masyarakat patriarki, peran perempuan dibatasi.
Sementara pengalaman perempuan bervariasi menurut komunitas dan abad di mana mereka tinggal, kehidupan perempuan Yahudi biasa berpusat pada keluarga mereka.
Wanita Yahudi menikah di usia remaja (rata-rata usia bervariasi menurut geografi dan periode waktu, dari 13 hingga 18) dan pergi untuk tinggal bersama keluarga suami mereka.
Kehidupan religius wanita Yahudi biasa sulit direkonstruksi.
Teks-teks Yahudi dari periode itu, yang ditulis secara eksklusif oleh pria, menawarkan sedikit informasi tentang pengalaman wanita secara historis yang sebenarnya.
Sebaliknya, tulisan-tulisan para rabi terutama bersifat preskriptif, menguraikan perilaku yang diinginkan dan tidak diinginkan.
Akan tetapi, bukti arkeologis menunjukkan bahwa beberapa wanita Yahudi menghadiri kebaktian sinagoge di komunitas Diaspora pada zaman kuno.
Diketahui juga bahwa ada jimat kuno yang digunakan oleh wanita untuk menarik hati pria atau sebagai perlindungan diri sendiri.
Israel kuno pada dasarnya adalah masyarakat agraris.
Namun, dengan kedatangan bangsa Romawi pada tahun 63 M, hukum diberlakukan yang secara langsung atau tidak langsung menantang pertanian dan ekonomi Yahudi.
Kebijakan administrasi Romawi terbukti semakin memusuhi pertanian, pekerjaan utama orang Yahudi selama periode ini.
Kekacauan pada periode itu, kenaikan harga, dan devaluasi mata uang terutama membebani petani, memaksa banyak orang meninggalkan pertanian mereka dan beremigrasi ke kota-kota seperti Sepphoris dan Tiberias.
Ada sedikit informasi tentang pendidikan formal sebelum penghancuran Kuil Kedua (70 M).
Pada abad kelima SM, kita tahu bahwa Ezra membacaTorah secara publik, menerjemahkan dan menjelaskan aplikasi teks kepada audiensnya.
Dimulai dengan para rabi pada abad pertama, ada upaya-upaya untuk mengajar anak laki-laki usia lima dan enam tahun di sinagoge.
Pelajaran awal difokuskan pada Alkitab Ibrani, dan seiring bertambahnya usia anak-anak, mereka meningkat ke Mishnah dan kemudian Talmud.
Jika seorang anak laki-laki sangat berbakat atau kaya, ia melanjutkan studinya hingga master.
Kebanyakan pria muda meninggalkan sekolah untuk mencari nafkah, tetapi belajar secara umum dipandang sebagai pengejaran seumur hidup bagi pria.
Baca Juga :Kisah Neturei Karta, Sekte Yahudi Ortodoks yang Ingin Bubarkan Israel dan Bela Palestina
(*)