Intisari-Online.com - Sementara siswa sekolah menengah atas terkadang kesulitan mengerjakan soal jajaran genjang dan teori pitagoras, orang-orang dari suku jauh di Amazon dengan cepat memahami beberapa konsep dasar geometri.
Meskipun suku asli ini belum pernah melihat busur derajat, kompas, atau bahkan penggaris, sebuah studi mengungkap bahwa mereka memahami paralelisme dan sudut siku-siku.
Tak hanya itu, mereka juga paham menghitung jarak, sudut, dan hubungan lain di peta untuk menemukan objek tersembunyi.
Temuan ini menunjukkan semua manusia, terlepas dari bahasa atau sekolah, punya intuisi terhadap pengetahuan geometris.
"Sementara konsep geometris dapat diperkaya dengan perangkat khusus budaya seperti peta, di bawah variabilitas ini terdapat seperangkat konsep geometris yang diberikan," kata rekan penulis studi Elizabeth Spelke dari Universitas Harvard sebagaimana dilansir Live Science.
"Konsep tersebut memungkinkan orang dewasa dan anak-anak tanpa pendidikan formal untuk mengkategorikan bentuk geometris dan menggunakan hubungan geometris untuk mewakili tata ruang sekitarnya."
Studi ini dirinci dalam jurnal Science edisi 20 Januari tahun 2006.
Spelke dan rekan-rekannya memberikan dua set tes selama dua kunjungan ke orang Munduruku, yang tinggal di daerah terpencil di sepanjang Sungai Cururu di Brasil.
Mereka menilai pemahaman konsep dasar seperti titik, garis, paralelisme, keselarasan bangun, dan simetri dengan menghadirkan susunan enam gambar, salah satunya agak berbeda dari yang lain.
Misalnya, lima trapesium serupa akan ditampilkan dengan segi empat non-trapesium keenam dengan ukuran yang sama dan subjek diminta untuk menunjukkan gambar mana yang "aneh" atau "jelek".
Subjek semuda enam tahun menunjuk ke gambar yang berbeda rata-rata 66,8 persen dari waktu, menunjukkan kompetensi dengan konsep dasar topologi, geometri Euclidean, dan angka geometris dasar, kata peneliti.
"Jika Munduruku berbagi dengan kita konsep dasar geometri," tulis para peneliti, "mereka harus menyimpulkan konsep geometris yang dimaksud di balik setiap susunan dan karena itu memilih gambar yang tidak sesuai."
Baca Juga: Pembuatannya Didahului Ritual Khusus, Inilah 5 Fakta Unik Kapal Phinisi Khas Suku Bugis
Pada tes kedua, peneliti memberi subjek diagram sederhana dan meminta mereka untuk mengidentifikasi mana dari tiga wadah yang disusun dalam segitiga di tanah yang menyembunyikan objek.
Baik orang dewasa Munduruku maupun anak-anak mampu menghubungkan informasi geometris pada peta dengan hubungan geometris di lapangan, dengan tingkat keberhasilan mencapai 71 persen.
Skor yang diperoleh orang-orang Munduruku cocok dengan kinerja anak-anak Amerika, tetapi agak lebih rendah daripada orang dewasa Amerika berpendidikan yang mengikuti tes ini.
Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan formal meningkatkan atau menyempurnakan konsep geometris.
Namun, penulis menyimpulkan, "pemahaman spontan konsep geometris dan peta oleh suku terpencil ini memberikan bukti bahwa pengetahuan geometris inti ... adalah konstituen universal dari pikiran manusia."
Dalam studi lainnya, Spelke mengungkap bahwa anak kecil dapat melakukan operasi matematika tertentu tanpa pelatihan.
(*)