Intisari-Online.com -Firaun merupakan gelar yang dalam diskusi dunia modern digunakan untuk seluruh penguasa Mesir kuno dari semua periode.
Sifat Firaun selalu menjadi kontroversi di kalangan ilmuwan. Teks Mesir kuno menyebut gubernur Raja "Nso" atau dewa "Nthr".
Firaun disembah selama hidupnya dan setelah kematiannya.
Dalam hal ini, arkeolog Mesir Hussien Abdel Basir mengatakan, “Meskipun mempelajari sifat dan konsep monarki di Mesir kuno menunjukkan bahwa Firaun selalu digambarkan sebagai dewa, dalam teks-teks lain ia tidak diperlakukan sebagai dewa.”
Jadi bagaimana dengan mendewakan raja-raja di Mesir kuno?
Yang benar adalah sebagai hasil dari beberapa ritual kerajaan yang penting, Firaun melindungi keilahian suci, seperti melansir see.news (30 Desember 2018).
Dengan demikian, selama menjalankan ritual-ritual ini, ia disucikan baik secara simbolis maupun secara nyata.
Ritual yang paling penting adalah penobatan Firaun ilahi di atas takhta suci Mesir.
Dalam adegan ini dia dilihat sebagai metode yang ideal, di mana dia bisa bersatu dengan "Ka" (monarki sucinya).
Kerajaan "Ka" mewakili di Mesir kuno kekuatan kehidupan yang diwarisi dan roh yang kreatif, abadi, kerajaan, dan disucikan.
Persatuan ini sangat penting, karena membuat kekuasaan raja lebih kuat dan mendukung konsep kerajaan sucinya.
Ritual-ritual ini menjadi menonjol di kerajaan modern, terutama sejak awal era Amenhotep III, ayah Akhenaten.
Selama ritual pelayanan sehari-hari, di beberapa kuil Mesir kuno, patung Firaun menerima persembahan seperti yang dilakukan para dewa.
Di kuil Abu Simbel yang terletak di Aswan (Mesir selatan), ada beberapa adegan persembahan untuk raja sebagai dewa.
Menyembah dewa yang disucikan terus berlanjut bahkan setelah kematiannya.
Pentingnya Firaun karena perannya dalam masyarakat, baik dalam bidang agama maupun politik.
Berkat pemujaan terhadap Firaun, piramida di kerajaan lama dan modern, dan kuil pemakaman di kerajaan modern di tepi barat sungai Nil di Luxor, dibangun.
Sejak awal sejarah Mesir kuno, makam kerajaan termasuk ruang untuk menyajikan bahan persembahan termasuk makanan dan minuman. Piramida raja-raja dinasti keempat, dan raja-raja dinasti berikutnya, termasuk kuil pemakaman, yang terletak di bagian timur piramida.
Kuil pemakaman, di piramida ini, termasuk patung Firaun yang telah meninggal yang menerima ritual dan persembahan atas namanya.
Raja-raja dari dinasti ke-18, dari kerajaan modern, membangun apa yang disebut “Kuil untuk Peringatan”, dengan kata lain, mereka membangun kuil untuk mengenang raja-raja yang telah meninggal.
Kuil-kuil ini didirikan di bagian barat Sungai Nil.
Orang Mesir kuno pergi ke sana, selama pertunjukan, untuk mengunjungi raja-raja yang telah meninggal dan mempersembahkan persembahan.
Kuil-kuil ini dikelola oleh negara dan para pendeta yang didedikasikan untuk melayani jiwa raja-raja yang telah meninggal yang terus menerima persembahan seperti yang dilakukan dewa-dewa terkenal Amun dan Ra-Horakhty.
Raja-raja kerajaan modern membangun apa yang dikenal sebagai "Kuil Sejuta Tahun" sebagai tempat yang didedikasikan untuk kerajaan dan memuja "Ka".
Kuil-kuil ini didedikasikan untuk raja-raja selama hidup mereka dan setelah kematian mereka.
Para pekerja dan seniman, yang tinggal di biara kota, membangun makam dan stan kerajaan termasuk stan untuk menghormati, Amenhotep I, putra Ahmose I dan Ahmose-Nefertari.
Keluarga ini dipuja oleh para pekerja dan seniman, karena mereka dianggap sebagai pelindung kota.
Juga para pekerja, di tambang semenanjung Sinai di kerajaan tengah, menyembah Sneferu, ayah dari Khufu.
Singkatnya, sifat Firaun di Mesir kuno berbeda dari satu era ke era lainnya.
Era kekuasaan dan kemakmuran menambah kesucian raja-rajanya, beberapa dari mereka cenderung menyembah dirinya sendiri selama hidupnya, seperti Senusret III dan Ramses II.
Ada raja yang disembah selama hidup mereka, yang lain disembah setelah mereka meninggal.
Umumnya, kekudusan mengelilingi sebagian besar raja Mesir kuno yang dianggap sebagai putra dewa di bumi, dan yang memerintah Mesir dan dunia atas nama ayah mereka yang disucikan.