Sriwijaya Air SJ182 Hilang Kontak dalam Hitungan Detik, Inilah Critical Eleven, 11 Menit Penuh Risiko dalam Penerbangan, Bak Dekati Gerbang Kematian

Tatik Ariyani

Editor

Ilustrasi pesawat
Ilustrasi pesawat

Intisari-Online.com -Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182, dengan rute Jakarta-Pontianak hilang kontak.

Pesawat ini dinyatakan hilang kontak pada Sabtu (9/1/21), di daerah kepulauan seribu dan kini sedang dalam pencarian.

Menurut Flightradar24, pesawat tersebut jatuh dari ketinggian 10.000 kaki, dan membawa 62 penumpang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pesawat hilang dari radar dalam hitungan detik.

Baca Juga: Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Gunakan Boeing 737, Mari Mengenal Keluarga Besar Boeing 737 yang Terkenal Banyak Dipakai Maskapai Penerbangan Itu

Juru Bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati, menyebut posisi terakhir pesawat diketahui berada di atas Kepulauan Seribu.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak tak lama setelah lepas landas.

Dalam dunia penerbangan, dikenal istilah critical eleven atau Plus Three Minus Eight.

Critical eleven, sebuah kondisi penuh risiko dalam penerbangan yang diibaratkan 'mendekati gerbang kematian'.

Baca Juga: Keluar dari Kandang, Inilah Dua Kapal Perang Milik TNI AL yang Dikerahkan untuk Menelusuri Jejak Sriwijaya Air SJ182 yang Hilang di Kepulauan Seribu

Istilah ini merujuk pada saat genting di mana kecelakaan pesawat sering kali terjadi, yakni tiga menit pertama dan delapan menit terakhir penerbangan.

Hal tersebut pun diungkap oleh Ben Sherwood, penulis buku The Survivors Club - The Secrets and Science That Could Save Your Life.

Menit-menit itu menjadi sangat penting dalam penerbangan karena pilot yang bertugas harus melakukan komunikasi secara intensif dengan Air Traffic Controller (ATC) untuk mengendalikan pesawat sesuai dengan standar operasi yang berlaku.

Bak Mendekati Gerbang Kematian, Inilah Critical Eleven, 11 Menit Penuh Risiko dalam Penerbangan yang Picu 'Disanderanya' Penumpang oleh Pilot Garuda
Bak Mendekati Gerbang Kematian, Inilah Critical Eleven, 11 Menit Penuh Risiko dalam Penerbangan yang Picu 'Disanderanya' Penumpang oleh Pilot Garuda

Tiga menit pertama digunakan untuk mencari posisi stabil dan mengontrol kecepatan ketika pesawat mulai mengudara.

Sementara delapan menit terakhir digunakan untuk menurunkan kecepatan dan menyesuaikan dengan landasan.

Sebab itulah selama rentang waktu critical eleven, awak kabin dilarang berkomunikasi dengan kokpit kecuali ada hal darurat dan awak kokpit harus menahan diri dari aktivitas yang tidak terkait dengan kontrol pesawat.

Untuk menghadapi critical eleven, awak kabin biasanya akan memberikan arahan bagi para penumpang untu mematikan ponsel, menutup meja, menegakkan sandaran kursi, membuka tirai jendela, dan menggunakan sabuk pengaman.

Aturan-aturan tersebut diberikan untuk memudahkan jalannya evakuasi bila kondisi berbahaya terjadi.

Baca Juga: 7 Tips untuk Meningkatkan Peluang Keselamatan Pesawat Jatuh, Termasuk Memilih Tempat Duduk 'Paling Aman'

Saat emergency landing, penumpang hanya diberikan waktu 90 detik untuk menyelamatkan diri dari pesawat.

Sebab, kalau tidak segera keluar, penumpang akan kekurangan oksigen, tenggelam saat water landing, atau bahkan meninggal akibat terlalu banyak menghirup asap (smoke inhalation).

Saat memasuki rentang waktu critical eleven, penumpang juga disarankan untuk tidak tidur agar bisa fokus pada arahan awak kabin dan selalu waspada pada kondisi pesawat.

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia

Tantangan lepas landas dan mendarat

Diwartakan Forbes, Oktober 2017, Tom Farrier pensiunan pilot Angkatan Udara AS mengungkap bahwa pendaratan pada umumnya sedikit lebih berbahaya dan membutuhkan penanganan yang sedikit lebih rumit dibanding lepas landas.

Namun, baik lepas landas maupun pendaratan tetap ada tantangan masing-masing.

"Terkadang akhir penerbangan adalah saat yang lebih rumit, terutama ketika tiba-tiba ada angin atau landasan pacu licin," kata Farrier.

Baca Juga: Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Jatuh, Inilah 5 Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan di Indonesia, Salah Satunya Pilot Diduga 'Bunuh Diri'

"Sementara tantangan terbesar saat lepas landas adalah mengatur kecepatan. Sering kali butuh waktu lama menyesuaikan kecepatan saat lepas landas agar pesawat bisa mendaki dengan baik," imbuhnya.

Data statistik kecelakaan pesawat Worldwide Commercial Jet Fleet 2007-2016 terbitan Boeing.
Data statistik kecelakaan pesawat Worldwide Commercial Jet Fleet 2007-2016 terbitan Boeing.

Dalam statistik Worldwide Commercial Jet Fleet 2007-2016 terbitan Boeing di atas, kecelakaan pesawat setelah lepas landas seperti yang terjadi pada Lion Air JT-610 tercatat sebagai kecelakaan nomor dua yang paling sering terjadi di dunia penerbangan.

Kecelakan terbanyak terjadi ketika pesawat mulai menurunkan kecepatan sampai mendarat.

Artikel Terkait