Intisari-Online.com - Pada tahun 2018 muncul laporan bahwa Pentagon akan berusaha untuk mendapatkan selusin pesawat tempur F-15X yang ditingkatkan untuk menggantikan armada pesawat tempur superioritas udara F-15C yang sudah tua.
Benar atau salah, pendukung pesawat tempur siluman F-35 khawatir F-15X dapat memengaruhi pengadaan F-35, meskipun F-35 tidak dimaksudkan untuk menggantikan F-15C.
Ini jauh dari pertama kalinya produsen desain jet tempur baru menentang mengejar peningkatan model lama yang sudah ada.
F-4 Phantom adalah binatang dari jet tempur dua-kursi yang bisa terbang lebih dari dua kali kecepatan suara dan membawa beban bom lebih berat dari empat mesin B-17 bomber dari Perang Dunia II.
Jet yang dilengkapi radar canggih mulai beroperasi dengan Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Marinir pada 1960-an yang dirancang untuk melibatkan pesawat tempur musuh di luar jangkauan visual dengan rudal udara-ke-udara.
Namun, kekurangan desain dan keadaan awalnya bersekongkol melawan Phantom dalam uji tempur besar pertamanya dalam Perang Vietnam.
Ternyata rudal udara-ke-udara awal tetap sangat tidak dapat diandalkan dan aturan keterlibatan mengharuskan pilot AS melakukan kontak visual sebelum menembak.
Selain itu, Phantom kurang bermanuver dibandingkan MiG lawan dan pilot AS tidak dilatih untuk bertarung dalam jangkauan visual.
Seolah itu belum cukup, Phantom juga kekurangan senjata!
Banyak kekurangan Phantom yang diperbaiki.
Meriam Vulcan 20 milimeter ditambahkan pada model F-4E dan teknologi misil meningkat secara signifikan.
Selain itu, pilot Phantom dilatih tentang teori Manuver Tempur Udara, dan bilah sayap khusus ditambahkan yang menukar beberapa kecepatan Phantom yang cukup besar untuk meningkatkan kemampuan manuver.
Selain mencetak rasio pembunuhan yang lebih baik dari 3: 1 atas Vietnam (150 membunuh untuk 41 kekalahan dalam pertempuran udara-ke-udara), Phantom mencatat rekor tempur yang luar biasa di luar negeri dalam perang Iran-Irak dan konflik Arab-Israel, menjatuhkan sekitar seratus lima puluh pesawat lagi dan mengeluarkan baterai rudal permukaan-ke-udara yang mematikan.
Dimulai pada pertengahan 1970-an, militer AS mulai mengganti Phantom dengan generasi keempat F-15 Eagle , F-16 Fighting Falcon , dan jet FA-18 Hornet.
Ini menggunakan mesin turbofan yang lebih efisien, avionik fly-by-wire daripada kontrol hidrolik, radar doppler yang tetap efektif melawan pesawat terbang rendah, dan pasangan badan pesawat / mesin yang menyeimbangkan kecepatan dan kemampuan manuver untuk pertempuran jarak jauh dan pendek.
Namun, banyak dari teknologi ini yang dapat dipasang ke Phantom.
Baca Juga: Dapatkan Manfaat Air Rebusan Jahe Kunyit dan Sereh Berikut Ini, Yuk!
Pada 1980-an, Israel Aerospace Industries (IAI) merencanakan modernisasi tiga bagian dari Phantom yang disebut Kurnass (“Palu Berat”).
Fase pertama dari peningkatan ini termasuk radar baru, head-up-display, instrumentasi kokpit, dan kemampuan rudal standoff.
Tetapi IAI juga mempertimbangkan peningkatan yang lebih ambisius sehubungan dengan proyek pesawat tempur ringan domestiknya yang disebut Lavi ("Singa.")
Pada tahun 1980, IAI memilih pabrikan mesin Pratt & Whitney untuk mengembangkan varian yang lebih kecil dari turbofan F100 yang menggerakkan F-15 untuk digunakan di Lavi.
Turbofan PW1120 yang dihasilkan secara signifikan lebih kecil dan lebih pendek dari F100 tetapi menghasilkan daya dorong yang hampir sama dan memiliki 70 persen bagian yang dapat dipertukarkan.
Pada tahun 1983, Boeing dan Pratt & Whitney mengusulkan upgrade "Super Phantom" yang didukung oleh PW1120, yang jauh lebih hemat bahan bakar dan menghasilkan daya dorong sekitar 30 persen lebih besar daripada turbojet J79 era 50-an yang berasap Phantom.
Boeing Super Phantom juga akan datang dengan tangki bahan bakar konformal aerodinamis yang jaraknya hampir dua kali lipat sambil mendorong lebih sedikit hambatan daripada tangki drop yang dipasang di sayap.
Namun, Angkatan Udara memotong dana untuk proyek tersebut pada tahun 1984.
Kemudian pada bulan Juli 986, saat IAI melanjutkan pengembangan Lavi, ia memodifikasi F-4E Phantom # 336 untuk digunakan sebagai test-bed, mengganti mesin J79 kanan dengan PW1120 — kemungkinan dengan bantuan dari Boeing.
Kurang dari setahun kemudian, mesin port diganti juga, dan Phantom yang sepenuhnya bermesin ulang melakukan penerbangan pertamanya pada 27 April 1987.
Secara keseluruhan, kinerja Phantom bermesin tinggi sangat luar biasa, meningkatkan rasio dorong-ke-berat F-4E dari 0,86 menjadi 1,04.
(Sebuah jet dengan rasio dorong-berat melebihi 1,0 atau lebih tinggi dapat terbang lurus ke atas pada sudut 90 derajat dan masih berakselerasi.)
Hasilnya, Super Phantom bisa naik 36 persen lebih cepat dan mempertahankan belokan 15 persen lebih cepat yang mana dikombinasikan dengan papan sayap.
Ini membuatnya setara dengan generasi keempat F-15E Strike Eagle dan bisa berakselerasi 27 persen lebih cepat, dan lepas landas dengan landasan pacu 20 persen lebih sedikit.
Karena bobot mesin yang lebih ringan dan efisiensi bahan bakar yang lebih besar, Super Phantom juga bisa terbang lebih jauh.
Yang paling luar biasa, Super Phantom bisa supercruise, artinya bisa mempertahankan penerbangan di atas kecepatan suara tanpa menggunakan afterburner yang menelan bahan bakar.
Bahkan saat ini, Amerika Serikat hanya memiliki satu pesawat tempur jelajah super operasional, F-22 Raptor.
Beberapa bulan kemudian di Paris Air Show 1987, pilot veteran Adi Benaya membawa Super Phantom (diberi nomor pertunjukan # 229) untuk berputar dalam pertunjukan yang mengesankan, yang dapat Anda lihat di sini dan di sini.
Donald Fink menulis untuk Aviation Week bahwa itu sama dengan "tampilan kekuatan brutal yang mengejutkan dalam serangkaian manuver vertikal dan belokan tajam dan tinggi yang sama sekali tidak sesuai dengan karakter F-4 yang menua".
Debut airshow Super Phantom menciptakan kesan yang dimaksudkan IAI untuk mengimplementasikan peningkatan PW1120 dan memasarkannya di luar negeri.
Namun, Super Phantom super-cruising tidak ada — dan alasan mengapa tetap kontroversial.
Beberapa sumber mengklaim bahwa peningkatan Super Phantom terlalu mahal, dengan total $ 12 juta per pesawat ketika digabungkan dengan avionik Kurnass yang ditingkatkan, serta modifikasi badan pesawat yang diusulkan termasuk strakes, canard dan tangki bahan bakar khusus.
Orang juga harus ingat bahwa Hantu Israel sudah dalam masa layanan badan pesawatnya.
Baca Juga: Bak Ditampar oleh Tangan Sendiri, Beredar Spanduk 'Terima Kasih Mossad' Lengkap dengan Bendera Israel di Jalanan IranSelanjutnya, dua bulan kemudian pesawat tempur Lavi dibatalkan, sebagian karena tekanan dari Amerika Serikat untuk tidak menciptakan persaingan bagi pesawat tempur generasi keempatnya.
Karena turbofan PW1120 tidak digunakan oleh pesawat lain, ini pasti akan meningkatkan biaya per unit pengadaannya untuk Phantom.
Namun, juga dikabarkan bahwa pabrikan asli Phantom, McDonnell-Douglas, mungkin telah melakukan intervensi untuk mencegah IAI Super Phantom mengganggu penjualan asing dari F / A-18C / D Hornet barunya.
Menggabungkan mesin yang ditingkatkan dan avionik modern, Super Phantom akan menyamai atau melebihi $ 29 juta FA-18C Hornet pada beberapa parameter kinerja.
Dan ratusan Phantom beroperasi di Jerman, Yunani, Jepang, Israel, Korea Selatan, Spanyol, Turki, dan Inggris.
Dengan demikian, legenda mengatakan bahwa McDonnell-Douglas diam-diam menahan otorisasi untuk Super Phantom bertenaga PW1120 untuk mencegah IAI memasarkan pesaing yang hemat biaya ke pesawat yang lebih baru.
Namun, meskipun rumor tersebut muncul secara luas, konfirmasi dari sumber utama tidak ada bukti.
IAF melanjutkan dengan peningkatan avionik menjadi 55 Kurnass Phantom, termasuk kombinasi throttle / joystick, radar Doppler APG-76, dan dukungan untuk rudal serangan darat Popeye.
Sementara Kurnass Phantom pensiun pada tahun 2004, IAI menerapkan peningkatan serupa atau F-4 Angkatan Udara Turki yang dijuluki Terminator 2020.
Ini telah melihat tindakan ekstensif di Suriah.
Jepang akan menghentikan armada F-4EJ Phantom yang dibuat dengan lisensi pada tahun 2019, meninggalkan Yunani, Iran, Korea Selatan, dan Turki untuk menerbangkan Phantom yang ditingkatkan ke tahun 2020-an — tetapi bukan Phantom super-cruising yang seharusnya.
(*)