Advertorial
Intisari-Online.com -Jika Anda sering melihat-lihat galeri atau buku sejarah yang menampilkan patung-patung kuno, pernahkah berpikir kenapa sebagian besar patung itu kehilangan hidungnya?
Melansir All Thats Interesting, seorang kurator galeri seni Mesir di Museum Brooklyn, Edward Bleiberg,memilikibanyak pertanyaan dari pengunjung yang ingin tahu.
Yang paling umum adalah sebuah misteri tentang hidung patung sering patah.
Menurut CNN, kepercayaan Bleiberg yang umum dipegang adalah bahwa keausan ribuan tahun secara alami akan mempengaruhi bagian patung yang kecil dan menonjol sebelum komponen yang lebih besar.
Namun, setelah sering mendengar pertanyaan ini, Bleiberg mulai melakukan beberapa penelitian investigasi.
Penelitian Bleiberg mengemukakan bahwa artefak Mesir kuno sengaja dirusak karena berfungsi sebagai totem politik dan agama dan bahwa memutilasi mereka dapat mempengaruhi kekuatan simbolis dan dominasi para dewa yang dipegang atas orang-orang.
Dia sampai pada kesimpulan ini setelah menemukan kehancuran serupa di berbagai media seni Mesir, dari potongan tiga dimensi hingga dua dimensi.
Walaupun usia dan transportasi dapat menjelaskan secara wajar bagaimana hidungpatung mungkin patah, itu tidak serta merta menjelaskan mengapa relief yang datar juga rusak pada bagian hidung.
"Konsistensi dari pola di mana kerusakan ditemukan pada patung menunjukkan bahwa itu memiliki tujuan," kata Bleiberg.
Dia menambahkan bahwahal ini mungkin dimotivasi oleh alasan pribadi, politik, dan agama.
Orang Mesir kuno percaya esensi dewa dapat menghuni gambar atau representasi dewa itu.
Penghancuran yang disengaja dari penggambaran ini, kemudian, dapat dilihat sebagai telah dilakukan untuk "menonaktifkan kekuatan gambar."
Bleiberg juga menjelaskan bagaimana makam dan kuil berfungsi sebagai reservoir utama untuk patung dan relief yang memiliki tujuan ritual ini.
Dengan menempatkan mereka di makam, misalnya, mereka dapat "memberi makan" orang mati di dunia berikutnya.
"Semua itu ada hubungannya denga persembahan ke supranatural," kata Bleiberg.
"Agama negara Mesir" dilihat sebagai "pengaturan di mana raja-raja di Bumi menyediakan bagi dewa, dan sebagai imbalannya, dewa mengurus Mesir."
Karena patung dan relief merupakan "titik pertemuan antara dunia supranatural dan dunia ini" maka mereka yang ingin budaya untuk mundur akan melakukannya dengan merusak benda-benda itu.
"Bagian tubuh yang rusak tidak lagi mampu melakukan tugasnya," jelas Bleiberg.
Dengan kata lain roh arwah tidak lagi bisa bernapas jika hidungnya patah.
Perusak tersebut pada dasarnya adalah "membunuh" dewa yang dipandang penting bagi kemakmuran Mesir.
Secara kontekstual, ini masuk akal.
Patung yang dimaksudkan untuk menggambarkan manusia membuat persembahan kepada dewa sering ditemukan dengan lengan kiri mereka terpotong.
Secara kebetulan, lengan kiri umumnya diketahui digunakan untuk membuat persembahan.
Sementara lengan kanan patung yang menggambarkan sesajen yang menerima persembahan sering ditemukan rusak juga.
Selain itu para periode Firaun ada pemahaman tentang 'menghancurkan' musuh dengan membuat patungnya.
Pejuang sering membuat patung lilin dari musuh-musuh mereka dan menghancurkan mereka sebelum pertempuran.
Bukti tekstual yang terekam juga menunjukkan kegelisahan umum tentang citra seseorang yang sedang dirusak.
Bukan hal yang aneh bagi firaun untuk memutuskan bahwa siapa pun yang mengancam kemiripan mereka akan dihukum berat.
Penguasa prihatin tentang warisan sejarah mereka dan pengrusakan patung-patung mereka membantu orang-orang yang ambisius untuk menulis ulang sejarah, dengan kata lain 'menghapus' para pendahulu mereka untuk memperkuat kekuatan mereka sendiri.
Misalnya, "Pemerintahan Hatshepsut menghadirkan masalah bagi legitimasi penerus Thutmose III, dan Thutmose menyelesaikan masalah ini dengan menghilangkan semua memori Hatshepsut yang imajiner dan tertulis," kata Bleiberg.
Akan tetapi, orang-orang Mesir kuno berupaya meminimalkan kemungkinan penyimpangan ini terjadi - patung-patung biasanya diposisikan di makam atau kuil untuk dijaga pada tiga sisi.
Tentu saja, itu tidak menghentikan mereka yang ingin merusak merekayang ingin melakukan hal itu.
Baca Juga: Bencana Global Mengancam? Lautan Es di Greenland Mencair Setara 80.000 Patung Liberty
"Mereka melakukan apa yang mereka bisa," kata Bleiberg. "Itu tidak benar-benar bekerja dengan baik."
Pada akhirnya, kurator bersikeras bahwa tindakan kriminal ini bukan hasil dari para penjahat tingkat rendah.
Pekerjaan pahat tepat yang ditemukan pada banyak artefak menunjukkan bahwa mereka dilakukan oleh pekerja terampil.
"Mereka bukan pengacau," kata Bleiberg. “Mereka tidak sembarangan dan secara acak mencoret karya seni.
Seringkali dalam periode Firaun, itu benar-benar hanya nama orang yang ditargetkan, dalam prasasti (yang akan dirusak). Ini berarti orang yang melakukan kerusakan bisa membaca!”
Mungkin yang paling pedih adalah poin Bleiberg tentang orang Mesir kuno dan bagaimana mereka memandang karya seni ini.
Bagi pengunjung museum kontemporer, tentu saja, artefak ini adalah karya menakjubkan yang pantas untuk diamankan dan diamati secara intelektual sebagai karya kreativitas yang luar biasa.
Namun, Bleiberg menjelaskan bahwa “orang Mesir kuno tidak memiliki kata untuk 'seni.' Mereka akan menyebut benda-benda ini sebagai 'peralatan'."
"Pencitraan di ruang publik adalah cerminan dari siapa yang memiliki kekuatan untuk menceritakan kisah tentang apa yang terjadi dan apa yang harus diingat," katanya.
Sebuah pameran tentang subjek yang berjudul, "Kekuatan yang Menyerang: Ikonoklasma di Mesir Kuno," akan memasang patung dan relief yang rusak mulai dari abad ke-25 SM hingga abad ke-1 M.
Berharap untuk mengeksplorasi bagaimana sebenarnya budaya Mesir kuno yang ikonoklastik.
Beberapa benda ini akan diangkut ke Yayasan Seni Pulitzer akhir bulan ini.