Advertorial
Intisari-Online.com – Seperti diketahui bersama, jutaan umat Islam di seluruh dunia mengunjungi dua kota suci di Arab Saudi setiap tahunnya.
Mereka adalah Mekkah dan Madinah.
Tujuannya untuk ibadah haji atau juga umroh.
Tak heran, pemerintah Saudi telah mengeluarkan lebih dari 6 juta visa umroh sepanjang tahun ini.
Melihat antusias besar umat Islam di seluruh dunia untuk datang ke Mekkah dan Madinah, maka ini bisa menjadi kesempatan besar bagi otoritas setempat untuk memasarkan produk mereka.
Lalu warga negara asing mana yang paling banyak belanja ketika umroh atau haji?
Menurut data dari Kamar Dagang dan Industri Mekah, warga Mesir menempati urutan teratas dalam membelanjakan uang mereka di Saudi.
"Warga Mesir menempati urutan teratas dalam daftar diikuti Irak, Aljazair, dan Turki," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Mekah Aziz Awliyaa, seperti dikutip dari Arab News, Sabtu (11/5/2019).
Menurutnya, ada korelasi antara kondisi ekonomi negara masing-masing dengan daya beli serta aspirasi ketika berada di Saudi.
"Seorang jemaah bisa menghabiskan rata-rata 700 dollar AS (Rp 10 juta) selama periode 10 hari, yaitu 5 hari di Madinah dan 5 hari di Mekah." ujar Awliyaa.
Baca Juga : Kasus Ibu Beri Pil KB Kepada 2 Anaknya Setelah Diperkosa Ayahnya: Ini Bahaya Pil KB Bagi Remaja Perempuan
Mantan Ketua Komite Nasional untuk Haji dan Umrah di Kamar Dagang dan Industri Mekah, Saad Jameel Al-Qurashi, menuturkan setiap jemaah menghabiskan waktu yang berbeda ketika berada di Saudi.
"Warga negara India, Pakistan, dan Bangladesh lebih memilih untuk tinggal selama 30 hari, sementara beberapa jemaah Mesir lebih suka tinggal hingga 20 hari," katanya.
Dia berpendapat, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pengunjung internasional yang beragam adalah dengan globalisasi gerai makanan dan minuman.
"Ada kebutuhan untuk membuka restoran asing di Mekah agar jemaah bisa mengunjungi restoran dan mencicipi hidangan dalam suasana modern," ujar Al-Qurashi.
Dengan beragamnya sektor makanan diyakini akan merangsang sektor perhotelan dan mendukung diversifikasi bagi lebih dari jemaah dari 150 negara yang bertemu di satu tempat selama Ramadhan.
"Jemaah ingin membeli barang-barang yang tidak mereka temukan di negara mereka," tuturnya.
Al-Qurashi menilai perlu pembentukan badan-badan ekonomi penelitian untuk meninjau tingkat pengeluaran jemaah selama berada di kota suci.
Selain itu, perlu juga penjualan oleh-oleh yang diproduksi oleh warga negara Saudi sehingga mencontohkan semangat Mekah.
Data dari Kementerian Haji Saudi pada awal bulan ini menunjukkan, jumlah jemaah terbesar yang melakukan umroh berasal dari Pakistan (1.353.625), diikuti oleh Indonesia (881.459), India (579.443), Mesir (405.750) dan Turki (279.038). (Veronika Yasinta)
(Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Warga Negara Mana yang Paling Banyak Belanja Selama Haji dan Umroh?")
Baca Juga : Kisah Robinson Sinurat, Anak Petani yang Berhasil Lulus S2 di Columbia Univesity dan Bertemu Barack Obama