Find Us On Social Media :

Wajib Punya! Ini Daftar Obat yang Perlu Anda Sediakan di Rumah, Bisa Selamatkan Nyawa!

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 8 November 2018 | 17:00 WIB

Intisari-Online.com – Upaya mengobati dlri sendiri merupakan kebiasaan tua yang sudah dilakukan nenek moyang kita.

Kini, dunia kedokteran semakin canggih, ragam penyakit semakin banyak, dan ribuan obat spesifik dan luar biasa kuatnya juga tersedia sehingga hanya boleh digunakan di bawah pengawasan dokter.

Namun, self-medication, pengobatan sendiri, masih mempunyai tempat khusus. Obat apa  yang perlu kita sediakan di rumah?

dr. Zunilda S. Bustami menjawab melalui tulisannya, Obat Apa Perlu Anda Sediakan di Rumah? yang dimuat di Majalah Intisari .

Baca Juga : Sebelum Bronkitis Menjadi Radang Paru-paru, Sembuhkan dengan Obat Alami Ini

Ketika manusia mulai mempertimbangkan cost-effectiveness setiap tindakan, kedudukan pengobatan sendiri semakin kokoh. Jadi, sangatlah bijaksana kalau setiap rumah tangga dilengkapi dengan kotak obat yang isinya bukan semata-mata obat dan alat untuk P3K.

Obat dan alat kesehatan apa saja yang kita perlukan untuk kotak obat rumah tangga (KORT)?

Obat dasar dan obat wajib apotek

Isi KORT tentu saja tergantung pada komposisi keluarga. Keluarga muda yang terdiri atas suami istri dengan anak balita, isi kotak obatnya berbeda dengan KORT milik suami istri setengah baya yang memiliki anak-anak yang berangkat dewasa, berbeda juga dengan KORT pasangan Ianjut usia.

Baca Juga : Daun Sirih Dapat Obati Mata Minus, Benarkah? Ini Jawaban dari Ahli

Walaupun demikian, ada obat yang merupakan kebutuhan orang pada umumnya, yaitu obat dasar.

Obat dasar dibutuhkan untuk mengatasi akibat kecelakaan di rumah (tersayat, jatuh, terkilir, terbakar, tersiram air mendidih, digigit serangga dsb.), keluhan dan gejala fisik yang remeh tetapi mengganggu (demam, sakit kepala, pilek, batuk, pegal otot), serta keluhan dan gejala fisik yang berpotensi membahayakan (diare pada manula maupun balita, dan kejang demam pada anak balita).

Obat dasar biasanya juga disertai alat kesehatan. Selebihnya KORT harus berisi obat khusus untuk penyakit yang diderita oleh masing-masing anggota keluarga yang mungkin bersifat kambuhan macam mimisan, asma bronkiale, alergi makanan/obat, penyakit jantung koroner, nyeri haid, kejang, gastritis, sembelit, dan gangguan tidur.