Find Us On Social Media :

8 Cara Mudah Tetap Sehat Selama di Kantor, Dari Meja Berdiri hingga Warna Kubikel

By Ade Sulaeman, Selasa, 6 November 2018 | 14:00 WIB

Intisari-Online.com - Lebih dari sepertiga waktu Anda dalam sehari dihabiskan untuk bekerja. 

Meski pekerjaan tertentu seperti konstruksi atau pekerjaan 'manual' memiliki bahaya yang jelas, tidak berarti Anda yang bekerja di balik meja kerja terbebas dari risiko.

Pekerjaan-pekerjaan kantoran rentan menyumbang stres atau membuat Anda sangat jarang bergerak.

Tapi, dari manapun Anda bekerja, baik dari rumah maupun dari kantor, ada beberapa langkah mudah untuk membuat tubuh Anda tetap sehat meski bekerja di kantor.

Baca Juga : Cek 9 Masalah Kesehatan dari Kaki, Bagaimana dengan Milik Anda?

* Duduk lebih sedikit

Orang-orang yang bekerja kantoran harus berdiri atau berjalan-jalan setidaknya selama dua jam sehari untuk menghindari risiko kesehatan terkait dengan terlalu banyak duduk, menurut studi Inggris tahun 2015.

Program komputer seperti Move di iOS atau Big Stretch Reminder di Windows dapat mengingatkan Anda untuk beristirahat secara berkala; beberapa bahkan memberikan saran untuk peregangan dan latihan yang dapat Anda lakukan di ruang kerja Anda.

Tidak dapat menginstal perangkat lunak di mesin kerja Anda? Unduh aplikasi ke ponsel cerdas Anda, atau gunakan situs web RegulerBreaks.com gratis.

Baca Juga : 4 Gerakan Senam Mata untuk Kesehatan, Yuk Mulai Rawat Mata Anda!

* Coba meja berdiri

Jika tempat kerja Anda memungkinkan, beralih ke meja berdiri dapat membantu Anda duduk lebih sedikit dan bergerak lebih banyak di siang hari.

Anda dapat membuat meja berdiri sendiri jika Anda tidak memiliki ruang atau sumber daya; pastikan untuk menjaga monitor komputer Anda sejajar dengan mata, dan lengan Anda ditekuk pada sudut 90 derajat untuk mencapai keyboard, untuk menghindari nyeri leher dan lengan.