Find Us On Social Media :

Orangtua Wajib Tahu! Inilah 14 Hal Fakta Seputar Imunisasi MR yang Sedang Dikampanyekan Pemerintah

By Agus Surono, Jumat, 4 Agustus 2017 | 08:00 WIB

Intisari-Online.com - “Untuk melindungi anak-anak, melindungi hak-hak anak Indonesia agar tetap sehat dan ceria, serta melindungi masa depan anak-anak kita, saya menyerukan semua anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun untuk mendapatkan imunisasi Measles Rubelle.”

Begitulah ajakan Presiden Joko Widodo kepada para orangtua pada Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) di MTs N 10 Sleman, Provinsi Yogyakarta, Selasa 1 Agustus 2017.

Program imunisasi terhadap penyakit measles dan rubella (MR) diinisiasi pemerintah pada tahun ini.

Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi Rubella pada saat kehamilan.

Namun, suara-suara sumbang soal imunisasi terdengar di tengah masyarakat.

(Baca juga: Kasus Campak Anak Artis Oki Setiana Dewi: Data Menunjukkan Imunisasi Memang Memberikan Dampak Positif)

Nah untuk mendudukkan perkara soal imunisasi ini, berikut 14 hal yang perlu kita ketahui.

1. Apakah penyakit Campak Rubella?

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melaui saluran napas yang disebabkan oleh virus.

Anak dan orang dewasa yagn belum pernah mendapat imunisasi Campak dan Rubella atau yang belum pernah mengalami penyakit ini berisiko tinggi tertular.

2. Apa bahaya dari penyakit ini?

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru peunomia, radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. 

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.