Find Us On Social Media :

Kisah Heroik Warga Muslim dalam Kebakaran Hebat di London Bangkitkan (Kembali) Solidaritas dan Toleransi

By Ade Sulaeman, Kamis, 15 Juni 2017 | 21:00 WIB

Warga muslim Inggris bantu korban kebakaran.

Intisari-Online.com - Kebakaran hebat yang melanda sebuah apartemen Grenfell Tower di Kensington, London barat, Rabu (15/6) yang mengakibatkan puluhan orang tewas dan sekitar 600 orang kehilangan tempat tinggal ternyata membawa hikmah.

Warga kota Kensington yang beragam dan ratusan di antaranya merupakan warga muslim yang sedang melaksanakan ibadat puasa saling bahu membahu memberikan bantuan.

(Baca juga: Bangun Sahur, Penghuni Muslim Berhasil Selamatkan Banyak Nyawa dalam Kebakaran Besar di London)

Rasa solidaritas dan sikap toleransi warga Kensington yang memberikan bantuan secara suka rela itu secara tidak sengaja telah menghapus rasa curiga warga Inggris terhadap kelompok radikal tertentu yang dituduh sebagai pemicu sejumlah aksi teror di London.

Para selebritas Inggris seperti penyanyi Rita Ora juga turut menjadi sukarelawan untuk membantu para korban kebakaran apartemen Grenfell Tower yang kini telah memicu kemarahan warga Inggris karena menganggap pemerintah Inggris telah lalai.

Apalagi berdasar kebakaran apartemen berlantai 24 yang ‘’begitu mengerikan’‘ itu telah diprediksi bahwa kemungkinan korban yang tewas bisa melebihi 100 orang.

(Baca juga: Heroik! Petugas Pemadam Kebakaran Coba Selamatkan Seekor Buaya dari Saluran Pembuangan)

Tapi terlepas dari kebakaran apartemen Grenfell Tower yang kini kasusnya mulai memasuki ranah politik, tampak ratusan warga muslim dengan gigih memberikan bantuan dan saling bergotong royong.

Mereka mengemasi bahan makanan, pakaian hasil sumbangan, dan barang lainnya dalam kantong-kantong plastik dan membagikannya kepada para korban kebakaran.

Warga yang tinggal di sekitar apartemen Grenfell Tower bahkan menegaskan bahwa mereka telah mendapatkan berkah dari Ramadhan.

Pasalnya ketika kebakaran terjadi di saat dini hari, warga muslim yang sedang berada di masjid berhamburan keluar untuk memberi tahu adanya kebakaran dan langsung memberikan pertolongan.

Berkat ‘’berkah Ramadhan’’ itu, banyak penghuni apartemen yang punya waktu menyelamatkan diri.

Hingga saat ini warga muslim di kota Kensington terus memberikan bantuan dan pertolongan bersama para warga lainnya.