Find Us On Social Media :

Menurut Putrinya, Meski Seorang Proklamator Bung Hatta Tak Pernah Sombong

By Intisari Online, Jumat, 26 Oktober 2018 | 18:45 WIB

Intisari-Online.com – Beberapa hari belakangan, nama Bung Hatta tiba-tiba menjadi perbincangan.

Bukan lantaran kiprahnya sebagai seorang proklamator dan negarawan, melainkan karena persoalan lain.

Tapi terlepas dari itu, kesederhanaan Bung Hatta memang kerap menjadi primadona. Soal ini, Intisari mendapatkannya langsung dari salah satu orang paling dekatnya: Meutia Hatta.

Seperti inilah kesaksian putri Sang Proklamator:

Tanggal 17 Agustus selalu merupakan tanggal yang khusus dalam keluarga kami.

Tidak saja karena hari itu merupakan hari ulang tahun kemerdekaan Rl, namun juga karena ayah kami, Bung Hatta, terlibat langsung dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan itu sendiri, sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan RI.

Baca Juga : Kesederhanaan, Sifat Bung Hatta yang Paling Banyak Dikagumi, Namun Justru Paling Sulit Ditiru

Oleh karena itulah maka tanggal 17 Agustus kami lewati dengan  kesan maupun kenangan tersendiri, baik kenangan yang manis maupun kenangan yang mengharukan.

Ikut upacara bendera

Untuk mengenang kembali kebersamaan anak dan ayah dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia, lembaran kenangan dalam ingatan saya dikembalikan hingga kurang lebih 34 tahun yang lalu.

Ketika itu ayah masih menjabat sebagai Wakil Presiden pertama RI.

Pada saat itu, Megawati Soekarnoputri dan saya, masing-masing sebagai putri pertama Presiden dan Wakil Presiden RI, dalam usia yang masih muda sekali, tujuh tahun, telah dilibatkan dalam upacara penaikan bendera pusaka di Istana Merdeka di pagi hari, dan juga pada penurunan bendera pusaka di sore harinya.

Kami bertugas membawa baki yang masing-masing berisi tutup peti bendera pusaka dan kunci peti bendera pusaka dan berdiri di samping ayah masing-masing.