Find Us On Social Media :

Hari PBB: Kantor Penerangan PBB Zaman Orla yang Akhirnya Ditutup Karena Ucapan Presiden Soekarno

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 24 Oktober 2018 | 21:00 WIB

Intisari-Online.com – Tanggal 24 Oktober ditetapkan sebagai Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tahun 1945 adalah saat Piagam PBB mulai berlaku, saat itulah PBB didirikan.

Ketika Menteri Penerangan Harmoko kembali dari Amerika Serikat bulan April 1984, ia membawa kabar penting. Di Jakarta akan dibuka Kantor Penerangan PBB.

Gadis Rasid menceritakan pengalamannya waktu ia masih bekerja di Kantor Penerangan PBB zaman Orla, sampai kantor itu ditutup tahun 1965.

Kisahnya pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Juni 1984, dengan judul asli Kantor Penerangan PBB Zaman Orla.

Baca Juga : Marah Besar Atas Perang Dagang AS-China, Trump Jadikan China Sebagai 'Bulan-bulanan' di Forum PBB

DI Jakarta sebentar lagi akan dibuka sebuah Kantor Penerangan PBB.

Berita itu membangkitkan kenangan saya pada Kantor Penerangan PBB di Jakarta dulu, yang terpaksa ditutup ketika almarhum Presiden Soekarno melontarkan semboyannya, "Go to hell with your aid.”

Ucapan itu sebetulnya ditujukan kepada pemerintah Amerika Serikat, tapi kemudian diperluas dan juga menyentuh organisasi PBB berhubung politik.

Luar negeri Indonesia masa itu tidak menyenangi beberapa tindakan PBB, di antaranya yang bersangkutan dengan berdirinya negara Malaysia.

Tidak hanya PBB, tapi semua badan-badan khususnya dihentikan operasinya di Indonesia:

UNICEF, UNESCO dan lain-lain, kecuali WHO (Organisasi Kesehatan Sedunia), yang diperbolehkan melakukan kegiatannya di Indonesia dan sekaligus menjadi badan yang ikut membereskan segala administrasi yang berhubungan dengan administrasi PBB.

Kantor Penerangan PBB yang pertama letaknya di Jl. Kebon Sirih 76, di paviliun sebuah rumah kediaman model dulu, dengan pekarangan besar sekali.

Gedung utamanya dipakai untuk Kantor Dewan Bantuan Teknik PBB (UNTAB), sebuah badan PBB yang sekarang dikenal dengan natna UNDP (United Nations Development Programmes), yang kantornya sekarang di Jl. Thamrin.