Find Us On Social Media :

Video Ini Ungkap Petugas Konsulat Arab Saudi Buru-buru Bakar Barang Bukti Usai Habisi Jamal Khashoggi

By Intisari Online, Selasa, 23 Oktober 2018 | 12:51 WIB

Intisari-Online.com - Petugas Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, membakar dokumen yang berhubungan dengan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Laporan tersebut dikemukakan stasiun televisi pro-pemerintah Turki A Haber, sebagaimana dikutip Daily Mirror Senin (22/10/2018).

A Haber memublikasikan tayangan di mana dua orang staf melempar helai demi helai kertas ke dalam drum sementara satu orang lagi mengaduk agar apinya tetap menyala.

Mereka mengklaim melenyapkan dokumen yang berhubungan dengan Khashoggi sehari setelah di dibunuh pada 2 Oktober lalu.

Baca Juga : Tiger Squad, Pasukan Elite Putra Mahkota yang Diduga Bunuh Jamal Khashoggi dan Pembangkang Lainnya Secara Kejam

Penyiar menuturkan, ketiga orang staf tersebut menggunakan cara kuno. "Mereka nampaknya berusaha melenyapkan total segala bukti yang berhubungan dengan Khashoggi," ujarnya.

Di Twitter, netizen memunculkan spekulasi bahwa rekaman video tersebut diambil menggunakan pesawat nirawak (drone) mata-mata Turki.

Khashoggi dilaporkan menghilang ketika memasuki gedung konsulat untuk mengurus dokumen pernikahan dengan tunangannya, Hatice Cengiz.

Baca Juga : Demi Kelabui Penyelidikan, Jamal Khashoggi Sempat 'Dihidupkan Kembali' oleh para Pembunuhnya

Awalnya, pihak Saudi bersikukuh bahwa dia telah keluar dari gedung. Namun sumber penyelidik Turki mengemukakan Khashoggi telah dibunuh.

Kontributor media Amerika Serikat (AS) The Washington Post itu dibunuh oleh 15 orang, di mana jenazahnya kemudian dimutilasi.

Sumber intelijen Turki menyatakan, ke-15 pelaku bekerja bagi dinas intelijen, keamanan, maupun badan pemerintahan Saudi lainnya.