Find Us On Social Media :

Bocah Yatim Piatu Dikucilkan karena Idap HIV: Mengingat Cara 'Nekat' Putri Diana Hapus Stigma Terhadap ODHA

By Ade Sulaeman, Selasa, 23 Oktober 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Tiga siswa Sekolah Dasar dianggap mendapat perlakuan diskriminatif dari pihak sekolah dan pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, gara-gara ketiganya mengidap HIV.

Mereka diminta untuk keluar dari sekolah tempat mereka selama ini belajar dan beralih untuk belajar dengan metode homeschooling.

Tidak selesai sampai di situ, ketiga anak yang diketahui yatim piatu tersebut juga sempat diminta untuk pindah dari kampung halamannya.

Alasannya, warga, khususnya orang tua murid yang berada di sekolah yang sama dengan ketiga anak tersebut takut tertular.

Baca Juga : Lupakan Mantan Syahrini yang Dikira Keturunan Bangsawan Malaysia, Ini Kehidupan Raja Malaysia yang Sebenarnya

Sampai berita ini diturunkan, proses mediasi masih dilakukan oleh Berlina Sibagariang, Sekretaris Eksekutif Komite AIDS Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), selaku pendamping ketiga anak tersebut.

Berita ini seolah memperkuat anggapan bahwa stigma terhadap para orang dengan HIV/AIDS (ODHA) masih terjadi, khususnya di daerah.

Hal ini biasanya terjadi akibat ketidakpahaman masyarakat tentang cara penyebaran HIV yang sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan.

Padahal seorang Putri Diana pun sampai harus melanggar aturan kerajaan demi menghapus stigma terhadap ODHA.

Baca Juga : Pangeran Mohammed, Pewaris Takhta yang Diduga Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi, Ini Jumlah Kekayaannya

Upaya yang dianggap sebagai salah satu momen kemanusiaan yang dilakukan sang putri tersebut terjadi pada 19 April 1987.

Hari itu, Diana tiba di London Middlesex Hospital untuk membuka unit pertama di Inggris yang didedikasikan untuk mengobati orang dengan HIV dan AIDS, BBC melaporkan.

Kemudian, dia melakukan sesuatu yang akan tercatat dalam sejarah selamanya: Dia menjabat tangan pasien AIDS tanpa mengenakan sarung tangan.