Find Us On Social Media :

Sedang Sembelit? Tambahkan Salah Satu dari 12 Makanan Ini dalam Menu Harian Anda

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 18 Oktober 2018 | 17:00 WIB

Intisari-Online.com – Mengalami sembelit, mungkin cukup berarti buat Anda. Sembelit mempengaruhi sekitar 42 juta orang di Amerika Serikat, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Sayangnya, di Indonesia tidak ada data penderita sembelit.

Makan makanan yang tepat sangat membantu para penderita sembelit. Khususnya makan banyak serat dari sumber makanan. USDA merekomendasikan 25 gram serat per hari untuk wanita.

Berikut ini 12 makanan terbaik untuk mengatasi sembelit yang bisa ditambahkan dalam makanan sehari-hari kita.

Kacang hitam

Baca Juga : Anak Mengalami Sembelit? Atasi dengan 5 Bahan Alami Ini

Kacang-kacangan memberikan kombinasi yang unggul antara serat yang larut dan tidak larut. Dan ini melembutkan kotoran kita, mengolahnya, serta membuatnya lebih mudah melewati saluran pencernaan kita.

Serat membantu merangsang pencernaan, memberi makan bakteri usus. Selain itu, makan makanan tinggi serat akan membantu meningkatkan berat dan ukuran feses kita, sehingga memudahkan untuk lewat.

Per ½ cangkir kacang, mengandung 109 kalori, 0 g lemak, 20 g karbohidrat, 0 g gula, 166 mg natrium, 8 g serat, dan 7 g protein.

Brokoli

Baca Juga : Jangan Sepelekan Sembelit, Pria Ini Didiagnosis Derita 'Megarectum' karena Sering Sembelit

Sayuran hijau ini sebagai sumber vitamin, protein, dan serat yang luar biasa. Makan banyak sayuran sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Tambahkan secangkir brokoli yang sudah dimasak dalam setiap makan siang atau makan malam untuk tambahan lima setengah gram serat.

Per 1 cangkir (mentah) megandung: 31 kalori, 0 g lemak (0 g jenuh), 6 g karbohidrat, 2 g gula, 30 natrium mg, 2 g serat, 3 g protein.

Havermut