Find Us On Social Media :

Anda Ingin Selamat dari Tangan Pembajak? Ini Tipsnya!

By K. Tatik Wardayati, Senin, 1 Oktober 2018 | 12:45 WIB

Intisari-Online.com – Karena pembajakan pesawat dan teror di bandar udara masih juga berlangsung, Hollywood mengeluarkan film Travel without Terror, yang makan waktu pemutaran 30 menit.

Film video buatan ahli penanggulangan terorisme itu dimaksudkan untuk memberi petunjuk kepada para pelancong tentang bagaimana caranya menghadapi para teroris agar kita selamat.

Sejak akhir Juli yang lalu Travel without Terror sudah bisa disewa di tempat-tempat penyewaan pita video di AS, seperti halnya kita menyewa film Rambo atau Rocky. Inggris pun mulai menjualnya pada akhir tahun 1986.

Dalam pita video buatan Trans World Entertainment (perusahaan itu sebetulnya dikenal sebagai pembuat film-film horor) tersebut dilukiskan bagaimana caranya agar kita tidak mati konyol.

Baca Juga : Pembajakan Kapal Pesiar Archille Lauro: Bermula di Laut tapi Berakhir di Udara, Kok Bisa?

Ahli penanggulangan terorisme memberi nasihat sebagai berikut:

* Jangan sekali-sekali kita menentang mata pembajak, sebab hal itu bisa dianggap sebagai tantangan.

* Betapapun juga mereka melancarkan provokasi, tetaplah bersikap hormat kepada mereka. Jangan berbicara dengan suara keras, tetapi jangan berbisik-bisik, apalagi memaki-maki.

* Jangan menganggap sepele ancaman mereka dan jangan membelakangi mereka, apalagi pemimpinnya.

Baca Juga : Pembajakan Pesawat Afriqiyah, 118 Orang Masih Tersandera

* Jangan menolak tawaran makanan, minuman atau rokok dari mereka, sebab bisa dikira menghina.

* Jangan bercerita apa-apa kepada orang-orang yang tidak begitu kita kenal  di pesawat atau bandara, sebab siapa tahu mereka kaki tangan teroris.

Sasaran teroris terutama orang Yahudi dan Amerika, sehingga mereka disarankan untuk tidak menonjolkan ciri-ciri mereka itu.