Find Us On Social Media :

Runtuhnya Komunis Kebangkitan Mafia Rusia: Tanpa Memandang Derajat Kejahatan, bahkan Polisi pun Terlibat di Dalamnya

By K. Tatik Wardayati, Senin, 3 September 2018 | 17:45 WIB

Intisari-Online.com – Sebagaimana setiap perubahan selalu menimbulkan perubahan lain, begitu juga yang terjadi di Uni Soviet.

Runtuhnya republik sosialis melahirkan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS).

Di sisi lain dunia kejahatan di negeri Tirai Besi yang tidak pemah diketahui orang ini pun mulai menggeliat.

Mafia Rusia yang potensinya tak kalah dengan koleganya di Amerika maupun Sisilia, segera merambah dunia.

Mari kita simak tulisan berikut ini yang diambil dari Majalah Intisari edisi Juni 1994, dengan judul asli Runtuhnya Komunis Kebangkitan Mafia Rusia.

Ibaratnya, kamus ilmu kejahatan mengenal 50 macam entri arti kata kerja "mencuri", jaringan mafia Rusia memakai dan "menerjemahkan" semuanya tanpa pilih-pilih.

Baca juga: Misteri Hilangnya Kapal Selam Nuklir K-219 Milik Soviet di Bermuda yang Tak Ditemukan Hingga Kini

Bisa dikatakan sisi gelap negeri Tirai Besi ini merupakan lahan tindak kejahatan tersibuk di dunia, tempat berkumpulnya begitu banyak organisasi kriminal yang terdiri atas 5.000 geng serta hampir sejuta anggota yang terlibat dalam hiruk pikuk di dalamnya.

Wilayah operasinya meliputi seluruh kawasan di bekas 15 Republik Sovyet, melampaui 11 zone waktu, dan menguasai seperenam wilayah Uni Sovyet. Sepak terjang mafia Sovyet ini sudah menyusup ke hampir setiap perhatian dunia Barat, terlibat dalam kelahiran pasar bebas,  privatisasi, dan perlucutan senjata.

Masyarakat mafia Rusia adalah sebuah kumpulan berbagai macam jenis penjahat tanpa memandang derajat kualitas tindak kejahatannya.

Berbeda dengan para Don yang ada di Sisilia, Italia, yang lebih dulu terkenal, mafia Rusia tidak mempunyai basis tempat khusus atau komando sentral. Mereka pun tidak memakai jalur klan keluarga ataupun hubungan darah sebagai ikatan profesi.

Baca juga: 2 Misil Uni Soviet dari Perang Dingin Dilelang Rp575 juta, Bisa Angkut Hulu Ledak 150 Kg

Itulah sebabnya pertumbuhkembangannya mampu menginvasi hampir segala sisi kehidupan warga Sovyet. Betapa tidak? Mereka terlibat aktif dalam berbagai bentuk pemerasan, pencurian, pemalsuan barang, kontrak pembunuhan, penipuan, perjudian, pelacuran, penyelundupan senjata, lintah darat, pencucian uang, serta pasar gelap lain.