Find Us On Social Media :

Diklaim 100% Buatan Sendiri, Jet Tempur Iran Terbaru Justru Mirip Jet Tempur F-5 Tiger AS

By Agustinus Winardi, Rabu, 22 Agustus 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Iran baru saja memamerkan produk jet tempur terbarunya yang dinamai Kowsar dan siap digunakan dalam pertempuran terkini kapan saja.

Di sepanjang tahun 2018 ini, Iran memang melakukan berbagai kejutan terkait persenjataan canggih yang terus diproduksi seperti tank, drone, rudal balistik, rudal untuk mempersenjatai jet-jet tempur, dan bahkan membuat jet tempur sendiri.

Pengalaman Iran setelah berhasil meng-up grade jet-jet tempur F-14 Tomcat buatan AS yang disita dari pemerintahan sebelumnya, yakni monarki Iran dibawah pimpinan Shah Iran, rupanya tidak hanya membuat Iran makin mandiri.

Selain mampu menghidupkan F-14 yang sudah berusia tua, Iran ternyata juga mampu memproduksi jet tempur sendiri.

Baca juga: Sangar dan Elegan, Inilah Jet Tempur Terbaru Iran Buatan Anak Bangsa Sendiri

Di era monarki Iran (1925-1979), hubungan AS-Iran termasuk dekat dan sejumlah jet tempur buatan AS seperti F-14 Tomcat, F-5 E Tiger, F-4 Phantom II bisa dibeli Iran dengan mudah.

Namun sejak berkobarnya revolusi Islam Iran disusul tumbangnya monarki Iran (1980), membuat AS terdepak dari Iran.

Jet-jet tempur buatan AS yang sebelumnya merupakan milik monarki Iran pun segera diambil alih oleh Pemerintahan Revolusi Islam Iran di bawah pimpinan Ayatollah Khomeini.

Dalam perkembangan berikutnya jet-jet tempur itu tidak hanya di-up grade baik teknologi maupun persenjataannya tapi juga ditiru komponen-komponennya.

Baca juga: Turki-Rusia-Iran-China Berkoalisi, AS pun Makin Tak Bernyali Untuk Hadapi Turki

Maka tidak mengherankan jika berkat teknik meniru itu, Iran bisa memproduksi sendiri jet tempur Kowsar yang sangat dibanggakan oleh Presiden Hassan Rohuani.

Secara penampilah bodinya (fuselage) tampang Kowsar sebenarnya sangat mirip dengan jet tempur F-5E Tiger buatan AS pada tahun 1960-an.

Iran sendiri masih memiliki sekitar 60 unit F -5 E/F Tiger dan dalam kondisi siap operasional.