Find Us On Social Media :

'Doyan Ngutang', Orang Amerika Sudah 'Terlilit' Utang Hingga Ratusan Juta Rupiah di Usia Belasan Tahun

By Tatik Ariyani, Rabu, 22 Agustus 2018 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com - Sebagian besar rakyat Amerika memiliki utang-utang yang berasal dari kartu kredit, pinjaman mahasiswa, hipotek, kredit mobil, atau pinjaman pribadi.

Rata-rata orang Amerika sekarang memiliki utang pribadi sekitar AS$38.000 (Rp554 juta), itu pun tidak termasuk kredit rumah.

Menurut Studi Perencanaan & Studi Kemajuan Northwestern Mutual tahun 2018, besar utang tersebut naik AS$1.000 (Rp14 juta) dari tahun lalu.

Kartu kredit dan hipotek dikatakan sebagai sumber utama utang, diikuti oleh pinjaman mahasiswa dan kredit mobil, menurut survei tersebut.

Baca Juga: Hari Maritim Nasional: Inilah Kapal Kato, Kapal yang Digunakan Sultan Siak dari Riau Untuk Telusuri Daerah Kekuasaannya

Baca Juga: Diderita 20.000 Wanita Tiap Tahun, Ini 8 Peringatan Kanker Ovarium yang Harus Kita Waspadai

Temuan ini didasarkan pada survei terhadap lebih dari 2.000 orang dewasa AS, termasuk oversampling lebih dari 600 kelompok usia milenial.

1. Gen Z & milenial muda (usia 18-24 tahun)

Pada kelompok usia ini, tidak mengherankan jika mereka memiliki pinjaman mahasiswa sebagai sumber utang tertinggi, diikuti oleh saldo kartu kredit.

Jumlah utang yang dimiliki kelompok usia ini rata-rata sebesar $ 22.000 (Rp321 juta).

Baca Juga: Ditinggalkan di Telepon Umum 64 Tahun Lalu, Pria Ini Bertekad Cari Ibu Kandungnya

2. Milenial yang lebih tua (usia 25-30 tahun)

Sumber utang utama pada kelompok usia ini berasal dari saldo kartu kredit disebabkan oleh pengeluaran yang meningkat di usia yang semakin tua.